Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 10:26 WIB | Sabtu, 08 Juli 2017

Pendhapa Art Space membuka Call Application PASADATARI#2

Ilustrasi: Poster open call "PASADATARI #2" di Pendhapa Art Space, Sewon-Bantul. (Foto: Pendhapa art space)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Setelah cukup sukses dengan penyelenggaraan PASADATARI #1 pada Maret – Mei 2017 dengan jumlah empat orang peserta, Pendhapa art space yang berada di Jalan Ring Road Selatan Tegal Krapyak RT 01 Panggungharjo Sewon Bantul - Yogyakarta kembali membuka aplikasi bagi koreografer muda untuk berproses bersama membuat eksperimen karya tari.

Penyelenggaraan PASADATARI #1 yang berlangsung pada Maret-Mei 2017 berhasil mementaskan tiga orang dalam showcase pertama. Aprilia Sripanglaras menampilkan karya berjudul “Kirig” dengan mengolah vibrasi tubuh dalam motif gerak tari Angguk (Kulon Progo). Irwanda Putra yang terinspirasi pengalaman inderawinya mengenai sabung ayam melahirkan karya tari “Sungkur, Sangkar, Singkir” dalam eksplorasi gerak di level bawah, sementara Yurika Maelani tampil dalam karya “Rambu(t)” merepresentasikan keterikatan dan kebebasan atas rambutnya.

PASADATARI merupakan program fasilitasi karya tari tunggal bagi koreografer muda terpilih. Program ini menawarkan metode alternatif proses penciptaan karya tari dengan cara kerja laboratorium. Selama proses tersebut peserta diajak untuk melakukan eksplorasi gerak tubuh serta mempertajam gagasan sebagai pondasi dalam menari. Proses selama tiga bulan ini diakhiri dengan sebuah showcase.

Selama tiga bulan dalam 24 kali pertemuan peserta diajak berdiskusi mengenai refleksi atas pengalaman, membaca bahan bacaan terkait, apresiasi berbagai cabang seni, mematik sensibilitas terhadap wacana kritis, melakukan eksplorasi atas tubuh, dan membongkar cara berpikir oleh beberapa narasumber, di antaranya koreografer Bimo Wiwohatmo dan Anastasia Melati. Serangkaian proses tersebut diadakan di Pendhapa Art Space, kunjungan ke museum, galeri, tempat pertunjukan, serta perpustakaan.

Program PASADATARI menawarkan metode alternatif dalam proses penciptaan karya tari, dan diharapkan melahirkan koreografer yang mampu mengolah gagasan dan mewujudkannya dalam karya tari.

PASADATARI #2 akan berlangsung dari 16 Juli hingga 16 Oktober 2017, dan pelaksanaan showcase akan dihelat pada 17 Oktober 2017. Pendaftaran peserta yang diperuntukkan bagi koreografer, penari, serta mahasiswa berlangsung 7-11 Juli 2017. Persyaratan serta formulir pendaftaran dapat diunduh di www.pendhapaartspace.com/pasadatari.

Editor : Sotyati

Back to Home