Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 08:47 WIB | Senin, 14 Januari 2019

Pendidikan Biologi UKSW Raih Akreditasi A

Ilustrasi. Kampus Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. (Foto: uksw.edu)

SALATIGA, SATUHARAPAN.COM – Program studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) baru saja memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Program studi ini resmi menyandang akreditasi A dengan sertifikat nomor 3428/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018 dan berlaku sampai Desember 2023.

Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Dra Susanti Puji Hastuti MSc, ditemui di ruang kerjanya belum lama ini, mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian prodi yang dipimpinnya. Prodi yang resmi berdiri tahun 2012 ini sebelumnya mendapatkan akreditasi C dan pada proses reakreditasi berhasil menyandang akreditasi A.

“Bisa meloncat dari akreditasi C ke A tentunya adalah sebuah anugerah. Bersyukur untuk capaian ini,” katanya, seperti dilansir situs resmi uksw.edu.

Bagi Susanti Puji Hastuti, akreditasi A ini sekaligus juga memberikan tantangan tersendiri untuk prodi yang secara usia masih relatif muda.

“Banyak prodi pendidikan biologi lain, baik negeri dan swasta yang lebih senior dari segi usia dan juga sudah terakreditasi A. Hal ini menjadi tantangan  untuk menunjukkan bagaimana kualitas kami. Terlebih sekarang kita ada di era industri 4.0 dimana persaingan terjadi disemua bidang,” ia menambahkan.

Salah satu tantangan lain yang disampaikannya adalah target 25 persen alumninya mampu diserap di sekolah nasional plus atau sekolah bilingual.

Berbagai usaha untuk menjawab tantangan dilakukan Prodi Pendidikan Biologi UKSW. Salah satunya, Susanti menyebutkan terus memperbaiki kurikulum pembelajaran yang mampu menjawab semua tantangan.

“Kami memproses mahasiswa agar ketika lulus mempunyai penguasaan materi keilmuan dan bahasa Inggris yang mempunyai nilai lebih dibandingkan lulusan dari prodi pendidikan biologi lain. Tak hanya itu, kami juga melakukan terobosan dalam hal kurikulum, agar sarjana pendidikan biologi lulusan UKSW mempunyai kompetensi dalam bidang entrepreneur, khususnya dalam hal media pembelajaran. Hal inilah yang nantinya akan menjadi pembeda lulusan pendidikan Biologi UKSW dengan lainnya,” katanya.

Dengan kurikulum yang dirancang khusus ini diharapkan lulusan Pendidikan Biologi UKSW mampu menerapkan ilmu biologi dalam konteks edukasi sebagai guru IPA atau biologi di sekolah-sekolah dengan lebih berbobot.

Sementara itu, Dekan Fakultas Biologi UKSW Dra Lusiawati Dewi MSc mengatakan capaian ini adalah hasil jerih payah dan ketekunan semua pihak yang terlibat dalam proses reakreditasi.

“Selaku pimpinan Fakultas Biologi kami mengucapkan terima kasih dan berharap hasil akreditasi ini memberikan dorongan untuk melakukan yang lebih baik lagi. Semoga kami dapat ikut berpartisipasi dalam mengembangkan SDM guru IPA atau Biologi di Indonesia,” katanya.

Dengan raihan akreditasi A untuk Program studi Pendidikan Biologi, semua program studi strata 1 di Fakultas Biologi telah terakreditasi A. Sebelumnya, Program studi Biologi juga sudah terakreditasi A.

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home