Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:57 WIB | Rabu, 30 Januari 2019

Pendidikan Mitigasi, BNPB dan Kwarnas Gerakan Pramuka Jalin Kerja Sama

BNPB kerja sama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, sebagai upaya meningkatkan pendidikan mitigasi bencana, nota kesepahaman dilakukan oleh Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) H Budi Waseso pada Jumat (25/1) di Auditorium INA-DRTG BNPB, Sentul, Jawa Barat. (Foto: bnpb.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  melakukan kerja sama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, sebagai upaya strategis untuk meningkatkan pendidikan mitigasi bencana. Langkah strategis ini merujuk pada cakupan yang masif untuk merangkul para pelajar dan tenaga pendidik tentang manajemen risiko bencana.

Kerja sama BNPB dan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, selanjutnya menekankan pada satuan pendidikan aman bencana (SPAB) yang berfokus pada gugus depan pada tingkat pramuka siaga, pramuka penggalang, dan pramuka penegak/pandega.

SPAB ini memiliki tiga pilar utama, yaitu fasilitas sekolah aman, manajemen bencana dan pendidikan pencegahan, dan pengurangan risiko bencana. Ketiga pilar ini terutama pilar manajemen bencana akan dimasukkan dalam pendidikan pramuka.

Tindak lanjut dari kerja sama dua belah pihak ini mencakup beberapa langkah. Langkah pertama yaitu Pembentukan kelompok kerja SPAB berbasis di gugus depan Kwarnas yang beranggotakan lintas komisi kepengurusan Kwarnas periode 2018 – 2023, di bawah koordinasi Komisi Pengabdian Masyarakat.

Langkah Kedua, penyusunan dan penetapan petunjuk penyelenggaraan SPAB, berbasis di gugus depan sebagai pedoman kebijakan pelaksanaan implementasi terkait SPAB oleh Pramuka.

Ketiga, peningkatan kapasitas dan pemberdayaan pembina gugus depan sebagai fasilitator SPAB berbasis di gugus depan yang dilengkapi dengan Buku Saku bagi Siaga, Penggalang, dan Penegak/Pandega.

Terkait dengan buku tersebut, BNPB dan Kwarnas Pramuka berencana menerbitkan Buku Saku Bencana, yang dikembangkan untuk memberikan wawasan sehingga anggota pramuka dapat menjadi agen siaga bencana.

Selanjutnya, materi-materi kebencanaan akan mengintegrasi ke dalam kursus dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Kader pada setiap tingkat Kwartir, baik pada nasional, daerah dan cabang.

Kerja sama di atas diharapkan, dapat terbangun pada tingkat mikro dengan  terbentuknya anggota pramuka sebagai agen siaga bencana. Agen siaga ini akan menjadi gugus terdepan dalam memberikan perubahan disekelilingnya, baik di lingkungan dan rumah tentang managemen risiko bencana. Sedangkan secara makro, BNPB dan Pramuka dapat mempercepat pelaksanaan SPAB di seluruh sekolah yang rawan bencana.

Selain itu, diharapkan pula program SPAB dalam berjalan secara berkelanjutan di Indonesia bersama dengan gerakan pramuka.

Gerakan pramuka mengemban moto utama yaitu ‘Bersiap Sedia’ atau ‘Be Prepared.’ Moto tersebut merepresentasikan seorang pramuka harus senantiasa siap sedia dalam menghadapi segala keadaan yang dihadapi, termasuk risiko bencana.

Dalam meuwujudkan kerja sama ini, penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) H Budi Waseso pada Jumat (25/1) di Auditorium INA-DRTG BNPB, Sentul, Jawa Barat. (bnpb.go.id)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home