Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 19:23 WIB | Kamis, 26 Maret 2015

Penduduk Boston Tolak Terdakwa Pengebom Maraton Dihukum Mati

Majalah Rolling Stone edisi 2013 yang memicu kemarahan masyarakat karena memuat wajah tersangka pengeboman Boston Marathon, Dzhokhar Tsarnaev sebagai sampul. (Foto: AFP)

BOSTON, SATUHARAPAN.COM – Mayoritas penduduk Boston percaya terdakwa pengebom Boston Marathon Dzhokhar Tsarnaev harus terhindar hukuman mati. Namun, hukuman penjara seumur hidup jika ia diputus bersalah, menurut sebuah jajak pendapat baru.

Dalam survei telepon dari 504 pemilih terdaftar Boston, 49 persen responden mengatakan Tsarnaev harus dihukum penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat. Tiga puluh delapan persen responden mengatakan ia harus menerima hukuman mati. Survei ini dilakukan oleh The MassINC Polling Grup untuk stasiun radio WBUR dari 16-18 Maret, selama minggu kedua persidangan.

Jajak pendapat itu adalah salah satu yang pertama keluar selama persidangan dan konsisten dengan jajak pendapat sebelumnya yang dilakukan sebelum sidang. Sebuah jajak pendapat Boston Globe dari September 2013 menemukan bahwa sepertiga dari penduduk kota mendukung hukuman mati dalam kasus ini, sementara lebih dari separuh responden mengatakan mereka akan lebih memilih hukuman penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat.

Negara-negara dengan eksekusi hukuman mati terbanyak.

Dari 504 pemilih yang disurvei, 229 berasal dari Kota Boston itu sendiri. Responden memilih penjara seumur hidup daripada hukuman mati ke tingkat yang lebih kuat dengan 62 persen mengatakan Tsarnaev harus dihukum penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat, dan 27 persen mengatakan ia harus menerima hukuman mati.

Massachusetts menghapus hukuman mati sejak 1984 dan punya sejarah panjang sebagai penentang hukuman mati. Tidak ada tahanan telah dihukum mati di negara bagian ini selama lebih dari 60 tahun. Dan, sentimen budaya ini tampaknya bertahan meskipun sering kesaksian grafis dan emosional ditampilkan pada minggu-minggu awal persidangan.

“Secara umum, Anda akan mengharapkan kota Boston menjadi kota anti hukuman mati, tapi pengeboman berlangsung di Boston dan semua orang di Boston terpengaruh dalam beberapa cara,” kata Steve Koczela dari The MassINC Polling Group, dalam wawancara dengan WBUR. “Untuk melihat seberapa kuat preferensi orang Boston memilih hukuman penjara seumur hidup Tsarnaev belum terlihat jelas.”

Siri Kyle Dupont-Hurley, 25 dan responden jajak pendapat dari Dorchester, mengatakan WBUR bahwa dia tidak “mendukung nyawa ganti nyawa.”

“Saya juga berpikir hukuman yang jauh lebih cocok untuk seseorang yang melakukan hal-hal itu adalah menjalani hari-hari terakhirnya di penjara,” ia menambahkan.

Tapi tidak semua responden setuju. Responden lain, Don Portalla, 52, dari East Boston mengatakan dia berpikir hukuman mati juga berfungsi sebagai pencegah penting.

“Jika Anda tidak memiliki hukuman mati, saya pikir itu adalah kesalahan besar,” kata Portalla kepada WBUR. “Tidak hidup orang-orang yang bertindak seperti ini.”

Di berbagai demografi, pria lebih mendukung hukuman mati, sementara wanita, orang-orang muda, dan responden minoritas lebih memilih penjara seumur hidup. Menurut Koczela, perpecahan pendapat ini sejalan dengan pandangan politik di wilayah ini pada hukuman mati.

“Kelompok-kelompok yang cenderung pendukung Partai Demokrat juga cenderung lebih menentang hukuman mati,” katanya kepada WBUR.

Jajak pendapat WBUR juga mengungkapkan bahwa kebanyakan orang di wilayah Boston mengikuti sidang “agak dekat,” dan lebih tertarik pada acara berita terbaru lainnya seperti rusaknya jaringan kereta Massachusetts, tawaran Boston jadi tuan rumah Olimpiade 2024, dan isu NFL. Dua puluh tiga persen dari responden mengatakan mereka mengikuti sidang Tsarnaev “sangat erat,” 17 persen mengatakan “tidak terlalu dekat” dan 7 persen mengatakan “tidak sama sekali.” (csmonitor.com)

Baca juga:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home