Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 05:24 WIB | Kamis, 29 Oktober 2020

Peneliti: Anjing Dapat Mendeteksi Virus Corona dengan Akurat

Anjing pelacak virus corona bernama Kossi (kiri) dan Miina berpelukan dengan pelatih Susanna Paavilainen di bandar udara Helsinki di Vantaa, Finlandia pada 22 September 2020. (Foto: AFP)

HELSINKI, SATUHARAPAN.COM-Sebuah projek percontohan menggunakan anjing pelacak untuk pengujian virus corona yang instan dan bebas rasa sakit di bandar udara Helsinki, Finlandia, telah menunjukkan hasil awal yang menjanjikan dan terbukti populer di kalangan wisatawan, kata para peneliti pada hari Rabu (28/10).

Tiga anjing, bernama Kossi, ET dan Miina, telah mengendus penyeka yang diambil dari 2.200 penumpang dalam sebulan sejak bilik pengujian didirikan di aula kedatangan bandara, dan telah menemukan virus pada 0,6 persen pelancong.

Meskipun penelitian tersebut baru selesai pada Desember, tim mengatakan temuan awal muncul secara luas sejalan dengan tingkat deteksi dari tes PCR hidung yang juga dilakukan pada wisatawan yang datang.

"Kami telah melakukan 16-17.000 tes PCR di bandara dan kurang dari satu persen positif," kata Timo Aronkyto, Wakil Wali Kota Vantaa, kepada wartawan.

Dibandingkan dengan hasil yang ditemukan oleh anjing, "mereka hampir sama, saya rasa tidak ada perbedaan statistik," kata Aronkyto.

Lebih Cepat

Para peneliti sekarang menganalisis seberapa dekat kedua set hasil tes cocok satu sama lain; apakah anjing-anjing itu menemukan virus corona pada penumpang yang infeksinya dikonfirmasi oleh tes PCR, dan berharap untuk mempublikasikan temuan mereka pada akhir tahun.

Percobaan pendahuluan pada gelombang besar pertama infeksi awal tahun ini menunjukkan bahwa anjing dapat mendeteksi virus dengan akurasi hampir 100 persen, dan lima hari lebih awal dari tes PCR.

Umpan balik dari penumpang yang tiba, yang mengikuti tes gratis secara sukarela, "sangat positif," kata manajer projek, Soile Turunen.

Sekitar 100 pelancong setiap hari mengantri untuk tes. Sampel diambil dengan menyeka kapas ke kulit yang kemudian diletakkan di depan anjing. Anjing dengan cepat akan melewati pada sampel negatif, tetapi akan tertarik ke sampel positif.

"Orang tidak mengeluh tentang antrian, malah sebaliknya," kata Turunen. "Mereka mendatangi kita untuk menyapa kita dari pagi sampai sore," tambahnya.

Belum Banyak Diadopsi

Para peneliti Universitas Helsinki berada di balik uji coba itu. Mereka bekerja dengan spesialis anjing pelacak dari organisasi Wise Nose, dan berharap penelitian mereka akan membujuk pemerintah untuk mendanai peluncuran anjing untuk keperluan lain, seperti di hotspot wisata atau pertemuan publik besar.

Meskipun uji coba anjing pelacak telah dilakukan di tempat lain, seperti di UEA, Prancis, Rusia, dan Chili, penggunaan pendeteksi aroma anjing untuk mendukung pengujian virus corona belum banyak diadopsi oleh pihak berwenang, sebagian karena kurangnya tinjauan sejawat, literatur, beberapa peneliti percaya.

Badan amal penanganan anjing sebelumnya telah bekerja dengan anjing untuk mendeteksi kanker, penyakit Parkinson, dan infeksi bakteri menggunakan sampel yang diambil dari manusia. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home