Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:56 WIB | Senin, 30 Oktober 2017

Peneliti Jepang Kembangkan Kapsul Pengantar Obat ke Otak

Prof Takanori Yokota kiri, dan asisten profesor Kazutaka Nishina dari Universitas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Tokyo (TMDU), anggota peneliti yangberupaya membuka jalan bagi pengobatan penyakit Alzheimer. (Foto: tmd.ac.jp)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Peneliti Jepang mengembangkan kapsul mikro yang dapat mengantarkan obat sampai ke otak. Kelompok peneliti itu menyatakan teknologi itu akan membuka jalan bagi pengobatan penyakit Alzheimer.

Otak manusia dirancang untuk hanya menerima nutrisi seperti glukosa, dan jarang mengizinkan masuknya zat-zat di dalam darah. Dalam mengobati penyakit seperti Alzheimer, tantangan besarnya adalah bagaimana mengantarkan obat tersebut ke otak.

Sekelompok peneliti dari Universitas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Tokyo (TMDU) serta Universitas Tokyo mengembangkan sebuah kapsul dengan ukuran diameter tiga mikrometer.

Kelompok peneliti itu menyampaikan bahwa saat mereka melapisi permukaan kapsul itu dengan glukosa, molekul gula itu dapat berikatan dengan suatu jenis protein tertentu di otak, dan membawa glukosa untuk masuk ke dalam otak.

Kelompok itu juga memanfaatkan fakta bahwa rasa lapar dapat mempercepat pengantaran glukosa oleh protein tersebut.

Kelompok peneliti itu melakukan percobaan dengan tikus yang lapar dan memastikan bahwa kapsul itu dapat mengantarkan obat ke otak 100 kali lebih efisien dari cara-cara konvensional.

Profesor Takanori Yokota dari TMDU menyatakan teknologi itu akan membantu pengembangan pengobatan tidak hanya bagi demensia, tetapi juga gangguan saraf dan mental. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home