Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:51 WIB | Sabtu, 02 Mei 2015

Penelitian: Lampu Pelabuhan Picu Binatang Rusak Kapal

Pelabuhan, marina, pengeboran minyak dan perikanan berperan dalam menciptakan cahaya buatan. (Foto: Science Photo Library)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM – Cahaya buatan di pelabuhan menarik perhatian mahluk laut sehingga dapat merusak kapal dan perahu, kata sejumlah kajian.

Para ilmuwan meyakini pencahayaan malam hari mengubah tingkah laku sejumlah binatang yang menempelkan diri pada lambung kapal.

Cacing keel misalnya tertarik kepada cahaya, lapor wartawan BBC Rebecca Morelle.

Binatang lain yang menyukai tempat teduh terganggu dengan terangnya lampu, mereka kemudian mencari wilayah air yang lebih gelap.

Kajian ini diterbitkan pada jurnal the Royal Society, Biology Letters.

"Kehadiran cahaya pada malam hari dapat mengubah komposisi binatang-binatang laut ini," kata Dr Thomas Davies, ahli ekologi dari University of Exeter, Inggris pada Kamis (30/4).

"Terdapat juga apa yang kami sebut sebagai 'tindakan merugikan ekosistem'. Kehadiran cahaya buatan kemungkinan akan meningkatkan spesies yang dapat merusak perahu."

Para peneliti memperkirakan hanya kurang dari seperempat wilayah pantai dunia, di luar Antartika, mengalami cahaya buatan pada malam hari.

Pelabuhan, marina, pengeboran minyak dan perikanan berperan dalam menciptakan cahaya buatan. (bbc.com)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home