Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 18:25 WIB | Kamis, 07 November 2019

Penelitian Serai Antar Siswa Madrasah Sabet Medali Emas di Malaysia

Siswa kelas IX MTs Surya Buana Kota Malang Anindita Bilqis Daniswara, meraih medali emas Penang International Young Scientist Exhibition (PIYSE) 2019. (Foto: kemenag.go.id)

MALANG, SATUHARAPAN.COM – Siswa kelas IX MTs Surya Buana Kota Malang, Anindita Bilqis Daniswara, meraih medali emas Penang International Young Scientist Exhibition (PIYSE) 2019. Kompetisi itu berlangsung di Penang, Malaysia 2 – 4 November 2019.

Dalam ajang tersebut, siswa yang akrab dipanggil Dita ini mempresentasikan karya ilmiahnya, "Pemanfaatan Serai (Cymbopogon Citratus) sebagai Lip Tint".

Menurut Dita, serai merupakan salah satu tumbuhan khas Indonesia yang mempunyai banyak kandungan dan manfaat, mulai dari antimikroba, zat besi, kalsium, kalium dan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin E pada serai hijau dan merah sangat tinggi. Serai merah selain menyehatkan kulit juga mampu memerahkan dan mencerahkan bibir, sehingga serai dapat digunakan sebagai lip tint, pelembab dengan warna tidak terlalu mencolok saat dioleskan pada bibir.

“Dengan cara mengekstrak bersama minyak zaitun dan pengawet berupa klabet, maka serai dapat digunakan sebagai lip tint alami yang murah dan sederhana serta halal. Lip tint hanya berkekuatan seminggu jika disimpan di tempat terbuka dan mampu bertahan satu bulan jika disimpan dalam lemari pendingin,” katanya di Malang, Kamis (7/11).

Selain inovatif, hasil penelitian ini dinilai bemanfaat dan aman bagi penggunanya. Sebab, temuan ini berbahan dasar alami yakni tumbuhan serai yang banyak ditemui di Indonesia.

Pembina KIR MTs Surya Buana Mardiyah mengapresiasi capaian Dita sebagai hasil kerja keras dan kesungguhan. Menurutnya, bukan perkara mudah membawa nama madrasah untuk bersaing dengan para peserta terbaik dari negara lain.

“Pembinaan secara intensif kami lakukan untuk mempersiapkan Dita sebagai delegasi MTS Surya Buana Malang (Matsasurba) di ajang PIYSE 2019,” katanya.

Keberhasilan Dita dalam event karya ilmiah ini tak luput dari dukungan Kepala Madrasah, Pembina KIR Matsasurba dan peran serta orang tua.

“Alhamdulillah, kesuksesan Anindita dalam ajang bergengsi ini patut kita syukuri dan menjadikan acuan motivasi bagi siswa lain untuk terus berkarya,” kata Riyadi selaku Kepala Madrasah.(kemenag.go.id)

 

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home