Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:22 WIB | Sabtu, 31 Agustus 2019

Penemuan Spesies Baru Ikan dari Sungai Mahakam

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menemukan spesies baru ikan air tawar Leiocassis rudicula di hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.(Foto: lipi.go.id)

CIBINONG, SATUHARAPAN.COM – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menemukan spesies baru ikan air tawar Leiocassis rudicula di hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Penemuan ini merupakan kolaborasi penelitian mendiang Renny Kurnia Hadiaty, peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, dan Ng Heok Hee dari Lee Kong Chian Natural History Museum, Singapura.

Renny Kurnia Hadiaty terus berkarya dan mengabdi hingga akhir hayatnya. Ia menemukan spesies baru itu sebelum berpulang dan setelah kepulangannya penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal Zootaxa Vol. 4641 pada 2 Agustus 2019.

Leiocassis rudicula ini merupakan jenis ikan lele-lelean anggota ketujuh genus Leiocassis dari famili Bagridae. Habitatnya hidup di sungai berarus deras dan jernih dengan substrat pasir atau kerikil. Distribusinya diketahui hanya terdapat di Sungai Mahakam yang menjadikan ikan ini endemik dan perlu menjadi perhatian dalam konservasi. Hasil temuan spesies baru ini disimpan di Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cibinong, Jawa Barat.

Ciri-ciri

Nama rudicula berarti sendok kayu dalam bahasa Latin. Nama ini berasal dari bentuk kepala ikan yang berbentuk cekungan seperti sendok. Seluruh bagian tubuh berwarna kuning kecokelatan, berukuran 43.8-118 mm, bagian kepala dan badan terkompresi, bagian punggung hampir merata, dan adanya cekungan di atas mata. (lipi.go.id)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home