Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 02:55 WIB | Rabu, 09 Oktober 2019

Pengadilan Venesia Melarang Karya da Vinci Dipinjam Louvre

Foto diambil pada 14 April 2015 memperlihatkan "Vitruvian Man" karya Leonardo da Vinci selama pameran di Milan, Italia. (Foto: AP/Matteo Bazzi/ANSA)

MILAN, SATUHARAPAN.COM - Pengadilan administratif di Venesia pada hari Selasa (8/10) memutuskan untuk sementara menangguhkan peminjaman "Vitruvian Man" karya Leonardo da Vinci ke Louvre Paris untuk acara pameran yang akan dibuka akhir bulan ini.

Langkah ini mengabulkan permintaan dari lembaga nirlaba Italia Nostra, yang memprotes peminjaman gambar terkenal karya master Renaissance itu dari Venice's Accademia Gallery.

Keputusan akhir akan ditetapkan pada 16 Oktober, hanya beberapa hari sebelum pameran dalam rangka peringatan 500 tahun kematian Leonardo da Vinci dibuka di Museum Louvre Paris pada 24 Oktober.

Italia Nostra, yang mengkampanyekan perlindungan kekayaan budaya Italia, berpendapat bahwa mahakarya yang "berharga dan rapuh" tidak boleh meninggalkan Italia.

Kementerian Kebudayaan Italia mengatakan bahwa keputusan itu "tidak bisa dipahami."

Menteri Kebudayaan Dario Franceschini menandatangani nota kesepakatan peminjaman pada bulan September, sebagai imbalan atas karya Raphael untuk sebuah pameran yang menandai peringatan 500 tahun kematiannya tahun depan di Roma.

"The Vitruvian Man," studi terkenal Leonardo tentang proporsi manusia, biasanya dijauhkan dari pandangan publik dan dalam kondisi suhu terkontrol, tetapi dipamerkan di Accademia Gallery dari bulan April hingga Juli tahun ini sebagai bagian dari perayaan menandai ulang tahun kematiannya. (apnews.com

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home