Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 21:00 WIB | Selasa, 31 Maret 2015

Pengamat: ISIS Jalan Pintas ke Negara Islam Indonesia

Orang-orang sedang berjalan di jalanan kota Kobane Suriah, yang juga dikenal sebagai Ain al-Arab, pada 27 Maret 2015. Pejuang dari kelompok militan Islamic State (ISIS) telah diusir dari Kobane pada 26 Januari oleh pasukan Kurdi dan sekutu. (Foto: AFP)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pengamat politik internasional Asrudin Azwar menengarai Negara Islam Irak dan Suriah dijadikan jalan pintas kelompok-kelompok di Tanah Air yang ingin mendirikan Negara Islam Indonesia.

"Di Indonesia ada gerakan Islam fundamentalis yang menginginkan berdirinya negara Islam misal HTI dan NII. Bisa jadi anggota HTI dan NII ingin cepat mewujudkan negara Islam, dan mereka melihat ada harapan mendirikan negara Islam melalui ISIS," kata Asrudin Azwar dalam diskusi bertajuk "Meningkatkan Ketahanan Nasional Dalam Menangkal Bahaya ISIS" di Jakarta, Selasa (31/3).

Menurut Asrudin, kelompok pendukung ISIS di Indonesia melihat ada momentum bergabung dengan kelompok ISIS di Irak dan Suriah, agar cita-cita mendirikan negara Islam cepat terwujud.

"Apalagi ada berita simpatisan ISIS diimingi uang besar jika mau berjuang di sana," jelas dia.

Selain itu Asrudin menilai tumbuhnya kelompok pendukung ISIS di tanah air lantaran absennya peran negara, dalam menyikapi akumulasi gerakan radikalisme yang pernah terjadi sebelumnya. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home