Loading...
INDONESIA
Penulis: Sotyati 16:27 WIB | Selasa, 21 Oktober 2014

Penghargaan dari BNPB untuk GBKP

Kepala BNPB Syamsul Maarif bersama penerima Penghargaan Tangguh Award 2014 untuk Tokoh Inspiratif, di antaranya Pdt Agustinus P Purba dari GBKP. (Foto: BNPB)

SATUHARAPAN.COM – Gereja Batak Karo Protestan (GBKP), melalui Pdt Agustinus P Purba STh MA, mendapatkan Penghargaan “Tangguh Award 2014” untuk Tokoh Inspiratif Reksa Utama Anindha dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Penghargaan tersebut diberikan atas jasa-jasa yang luar biasa dalam kemanusiaan untuk penanggulangan bencana. GBKP dinilai banyak berperan membantu pengungsi Sinabung dengan tulus tanpa membedakan latar belakang agama.

Pemilihan Tokoh Inspiratif dilakukan berdasarkan usulan dari berbagai pihak, seperti dari kementerian, lembaga masyarakat, lembaga internasional, dan lain-lain. Ada 527 nominator yang telah diseleksi.

Surat Badan Nasional Penanggulangan Bencana No 654/BNPB/10/2014 tertanggal 7 Oktober 2014 yang dikirimkan ke Moderamen GBKP perihal Penghargaan Reksa Utama Anindha menyebutkan penghargaan tersebut diberikan melalui seleksi ketat dan berdasarkan hasil penilaian Panitia Penganugerahan Bidang Kemanusiaan tahun 2014.

Penghargaan itu diserahkan oleh Kepala BNPB Syamsul Maarif dalam acara Penghargaan Anugerah bidang Kemanusiaan Tahun 2014 dalam rangkaian Puncak Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana di Bengkulu pada Senin (13/10) di Bengkulu. Merespons undangan  BNPB, Moderamen GBKP mengutus Pdt Agustinus Purba, Pdt Rosmalia Barus, Dk Khristiani Ginting, Rosmeri Peranginangin, dan Pdt Anton Keliat (Bengkulu) untuk hadir dalam acara itu.

Selain  GBKP,  Penghargaan Tangguh Award untuk Tokoh Inspiratif Reksa Utama Anindha juga diberikan kepada Irjen Pol Condro Kirono atas jasa dan pengabdiannya dalam penegakan hukum saat kebakaran hutan dan lahan di Riau pada saat menjabat sebagai Kapolda Riau tahun 2013-2014. Penghargaan serupa juga diberikan kepada Ngaseri, Camat Ngancar, Kediri, yang sukses mengevakuasi 86.000 jiwa warganya saat Gunung Kelud meletus.  BNPB juga memberikan penghargaan kepada Radio Komunitas Kelud FM yang dinilai berjasa menyebarluaskan informasi erupsi Gunung Kelud secara terus-menerus.

Dalam acara itu, BNPB memberikan Penghargaan Pengabdian Insan Kemanusiaan Dharma Widya Argya kepada  Dr Surono, Kepala Badan Geologi, atas jasa-jasanya yang luar biasa dalam pengabdian untuk penanggulangan bencana erupsi gunung api dan Dr Sri Woro B Harijono,MSc, mantan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), untuk pengabdiannya dalam penanggulangan bencana hidrometeorologi.

Atas pemberian penghargaan itu, GBKP mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini mendukung pelayanan penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung.  Partisipasi  jemaat, masyarakat, dan lembaga lintas agama, relawan, media, pemerintah, mitra-mitra penyumbang dalam dan luar negeri, dan khususnya pengungsi,  sangat berperan dan mempunyai kontribusi yang  berharga untuk mewujudkan tugas kemanusiaan ini.

Penghargaan itu bagi GBKP dimaknai sebagai tantangan Gereja ke depan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi sesama  manusia yang mengalami penderitaan, sehingga kehadiran GBKP dapat dirasakan sebagi garam dan terang yang dinyatakan oleh semua jemaat dan komponen pelayanan  yang ada di dalamnya sehingga bermuara kepada Kemulian Tuhan. (gbkp.or.id


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home