Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 08:22 WIB | Rabu, 17 Juni 2020

Penghargaan Film Oscar 2021 Ditunda Hingga April

Oscar. (Foto: Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Upacara pemberian penghargaan Oscar tahun 2021 ditunda sampai April dari rencana semula di bulan Februari. Keputusan pada hari Senin (15/6) itu karena alasan kekacauan dalam industri film oleh pandemi virus corona.

Upacara untuk penghargaan tertinggi film itu akan berlangsung pada 25 April 2021, kata Academy of Motion Picture Arts and Sciences dalam sebuah pernyataan. Awalnya dijadwalkan pada 28 Februari.

Epidemi virus corona menyebabkan penutupan bioskop di seluruh dunia pada pertengahan Maret dan menghentikan produksi film.

Selain itu, Akademi juga memperpanjang tenggat waktu di mana film harus dirilis agar memenuhi syarat untuk nominasi Oscar hingga 28 Februari 2021, dari  jadwal semula 31 Desember 2020.

"Harapan kami, dalam memperpanjang periode kelayakan dan tanggal penghargaan adalah untuk memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan para pembuat film untuk menyelesaikan dan merilis film mereka tanpa dihukum karena sesuatu yang berada di luar kendali siapa pun," kata Presiden Akademi, David Rubin, dan Kepala Eksekutif Akademi, Dawn Hudson, dalam sebuah pernyataan.

Banyak pembuat film khawatir film mereka tidak akan selesai pada batas waktu akhir tahun yang biasa dianugerahi Oscar. Lusinan rilis film lainnya telah ditunda hingga 2021.

Empat Kali Ditunda

Penundaan itu adalah keempat kalinya dalam 93 tahun sejarah Academy Awards. Sebelumnya pada tahun 1938 ditunda karena banjir di Los Angeles, pada tahun 1968, karena pembunuhan pemimpin hak-hak sipil, Dr. Martin Luther King Jr., dan pada tahun 1981 setelah upaya pembunuhan Presiden Ronald Reagan.

Penundaan ini juga mungkin akan mendorong Golden Globes dan acara penghargaan lainnya menjadwal ulang acara mereka. Akademi Seni Film dan Televisi Inggris (BAFTA) pada hari Senin mengatakan pihaknya akan menggeser upacara penghargaan filmnya menjadi 11 April dari 14 Februari.

Film-film Hollywood pekan lalu diberi lampu hijau untuk melanjutkan produksi di daerah Los Angeles dengan pedoman terperinci tentang jarak sosial dan pengujian yang sering dilakukan. Namun, sebagian besar diperkirakan tidak akan dilanjutkan hingga September.

Hollywood berharap rantai bioskop besar akan dibuka kembali pada akhir Juli, ketika film thriller "Tenet" dan "Mulan" akan dirilis.(Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home