Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 14:23 WIB | Sabtu, 31 Januari 2015

Pengidap Jerusalem Syndrome Pernah Repotkan Mossad

Dia bertindak tak menentu, berhalusinasi dan menyanyikan kata Yesus berulang dalam kicauan bernada tinggi. “Yesus ... Yesus ... Yesus ...”
Seorang aktor memerankan Yesus mengikuti ritual Jalan Salib di Via Dolorosa, Kota Tua, Yerusalem Timur, pada Jumat (18/4/14). (Foto: AFP)

SATUHARAPAN.COM – Badan Intelijen Israel, Mossad, pada 1999 membuat satuan tugas khusus yang dinamai “Berjalan di Atas Air”. Tujuannya untuk mencegah aksi teror di Yerusalem. Namun, para agennya termasuk mengawasi para pengidap Jerusalem Syndrome.

Sebab, pada tahun itu terdapat 14 orang dari “Kristen Peduli”, kelompok yang berbasis di Denver, Colorado, yang mengantisipasi hari Kiamat dan kembalinya Mesias. Mereka merencanakan serangan terhadap Masjid al-Aqsa di kawasan Bait Allah (Temple Mount) di Yerusalem. Mereka semua ditangkap dan diusir dari Israel.

Namun, selain mereka, Mossad juga mengawasi orang-orang yang menyelimuti diri dengan jubah putih dan berziarah ke tempat suci seraya bernyanyi dan berdoa keras-keras. Mereka menyebut diri Petrus, Paulus, Raja Salomo, Bunda Allah—bahkan Yesus Kristus. Mereka adalah penderita Sindrom Yerusalem.

“Para pejabat polisi dan masyarakat—kami semua benar-benar khawatir,” Gregory Katz, direktur Pusat Kesehatan Mental Kfar Shaul di Yerusalem, mengenang. Rekannya dan direktur klinik pada waktu itu, Jair Bar-El, khawatir bahwa dari empat juta wisatawan diharapkan untuk melakukan perjalanan ke kota itu pada tahun 2000, sekitar 40.000 akan menderita gangguan kesehatan mental. Ternyata kejadiannya tidak sampai seburuk itu.

Guncangan Iman

Akhir 2013, media memberitakan tentang Jesus Guy— Carl James Joseph, pengkhotbah dari Detroit, Michigan—yang menyusuri jalan-jalan di Yerusalem, menggelandang dan berkhotbah di jalan-jalan. Pertengahan tahun lalu, Jesus Guy pulang kampung di Tamaqua, Amerika Serikat.

Kisah lain sebelumnya, pria yang dikenal dengan nama Ronald Hodge, juga mengidap masalah yang sama. Tak lama setelah ulang tahun ke-40, kehidupan Ronald Hodge menjadi aneh. Dia awalnya punya pekerjaan dan istri setia. Namun, suatu pagi, istri Hodge mengatakan bahwa ia tidak lagi mencintainya. Si istri pindah keesokan harinya. Beberapa minggu kemudian, Hodge diberi tahu bahwa perusahaannya melakukan perampingan dan ia di-PHK. Tidak tahu ke mana harus berpaling, Hodge mulai pergi ke gereja lagi.

Meskipun ia dibesarkan di keluarga penganut Kristen evangelikal, sudah bertahun-tahun Hodge tidak berpikir banyak tentang Tuhan. Tapi, setelah semuanya tampak berantakan di sekelilingnya, ia mulai menghadiri ibadah setiap minggu. Kemudian setiap hari. Suatu malam, sambil berbaring di tempat tidur, ia membuka Alkitab dan mulai membaca. Dia telah melakukan hal itu setiap malam sejak istrinya meninggalkannya. Dan setiap kali dia melakukannya, dia akan melihat kata yang sama menatap ke arahnya. Empat suku kata yang tampaknya melompat dari halaman seolah-olah dicetak dengan neon berpijar: Yerusalem.

Hodge bukan orang yang percaya takhayul, ia tidak percaya pada tanda-tanda, tapi frekuensi membaca kata itu membuatnya merasa ada sesuatu. Seminggu kemudian, ia sudah berada ribuan meter di atas Lautan Atlantik di dalam pesawat El Al menuju Israel.

Ketika Hodge tiba di Yerusalem, ia mengatakan kepada sopir taksi untuk menurunkannya di pintu masuk ke kawasan Kota Tua. Dia berjalan melalui jalan kuno dan berliku sampai ia menemukan hostel murah di dekat Gereja Makam Kudus—Holy Sepulchre.

Dia memiliki perasaan bahwa itu adalah penting. Bangunan di atas tempat Yesus Kristus disalibkan—di lokasi yang dipercaya sebagai Bukit Golgota dan dikuburkan di Taman Yusuf Arimatea—dan tiga hari kemudian bangkit dari kematian, Katedral itu adalah tempat tersuci di dunia Kristen. Dan Hodge tahu, apa pun itu yang memanggilnya ke Tanah Suci berasal dari sana.

Selama beberapa hari pertama di Yerusalem, Hodge bangun pagi-pagi dan langsung menuju ke gereja untuk berdoa. Dia begitu khusyuk dalam meditasi pagi hingga beranjak siang, sore, sampai malam, sampai salah satu imam berjenggot menepuk bahu dan mengatakan kepadanya sudah waktunya untuk pulang. Ketika ia kembali ke asrama, ia akan berbaring di tempat tidur tidak bisa tidur. Pikiran berlari melalui kepalanya. Pikiran suci. Saat itulah Hodge pertama kali mendengar suara.

Sebenarnya, mendengar adalah kata yang salah. Dia merasa, ada yang beresonansi di dadanya. Rasanya seperti tubuhnya telah menjadi garpu tala raksasa. Sambil membuat isyarat tanda salib seperti umat Katolik ketika berdoa, Hodge memutuskan bahwa jika getaran berasal dari sisi kanan dada, itu Roh Kudus berkomunikasi dengan dia. Jika ia merasa itu jauh di bawah, dekat pangkal tulang dadanya, itu adalah suara Yesus. Dan jika ia merasa suara bersenandung dalam kepalanya, itu adalah Allah Bapa sendiri, yang memanggil.

Segera, getaran berubah menjadi kata-kata, memerintahkan dia untuk berpuasa selama 40 hari dan 40 malam. Tak satu pun dari ini menakutkannya. Jika ada sesuatu, ia merasa hangat, kedamaian melingkupinya karena ia merasa sekarang ia dipandu.

Tidak makan atau minum mudah pada awalnya. Tapi setelah seminggu atau lebih, backpackers lain di hostel itu mulai khawatir. Dengan alasan yang baik: pakaian Hodge yang kotor dan rusak. Ia mulai memancarkan bau menyengat. Dia bertindak tak menentu, berhalusinasi dan menyanyikan kata Yesus berulang dalam kicauan bernada tinggi. “Yesus ... Yesus ... Yesus ...”

Hodge berkemah di lobi hostel dan mulai memperkenalkan dirinya sebagai Mesias. Akhirnya, manajer asrama tidak bisa tahan lagi. Dia tidak berpikir orang Amerika yang menyebut dirinya Yesus berbahaya. Tapi, orang itu menakut-nakuti pelanggan. Sang manajer pernah melihat hal semacam ini sebelumnya. Dan dia tahu ada orang yang bisa membantu.

Pusat Pertolongan

Rumah Sakit Herzog berdiri di pinggiran Yerusalem. Gedungnya megah dihiasi dengan pohon-pohon aras yang tinggi dan pohon-pohon zaitun beraroma lembut. Lima lantai di bawah tanah adalah kantor Pesach Lichtenberg, kepala divisi pria psikiatri di Herzog.

Lichtenberg berusia 52 tahun dan kurus, dengan kacamata dan janggut rapi. Lahir dari keluarga Yahudi Ortodoks di Crown Heights, Brooklyn, ia pindah ke Israel pada 1986 setelah lulus dari Albert Einstein College of Medicine di Bronx dan telah bekerja di Herzog kurang lebih sejak itu. Ia telah menjadi salah satu ahli terkemuka di dunia pada bentuk aneh kegilaan yang melanda Ronald Hodge-fenomena kejiwaan yang dikenal sebagai Jerusalem Syndrome.

Ada lelucon dalam psikiatri, menurut Lichtenberg, “Jika Anda berbicara dengan Tuhan, itu disebut berdoa; jika Tuhan berbicara kepada Anda, Anda gila.” Di Yerusalem, Tuhan tampaknya sangat cerewet sekitar Paskah dan Natal—musim puncak untuk sindrom.

Sindrom itu memengaruhi sekitar 50 sampai 100 wisatawan setiap tahun, mayoritas dari mereka adalah orang-orang Kristen evangelikal. Dalam beberapa kasus, wisatawan sangat terpukau dengan sejarah agama di Kota Kudus itu dan menemukan diri mereka bingung setelah satu sore di Tembok Ratapan atau mengalami tsunami pikiran obsesif setelah berjalan di Via Dolorosa atau Jalan Salib. Tapi dalam kasus yang lebih berat, itu dapat menyebabkan ibu rumah tangga atau produsen alat kesehatan mendengar suara-suara malaikat, atau menggunakan seprei kamar hotel sebagai jubah dan menghilang lalu mengoceh tentang nubuatan di Kota Tua.

Lichtenberg memperkirakan, dalam dua dekade di Herzog, jumlah nabi palsu dan orang mengaku mesias yang ia tangani ratusan. Dengan kata lain, jika dan ketika Mesias sejati kembali (atau muncul untuk pertama kali, bergantung pada iman Anda), Lichtenberg adalah orang yang ideal untuk menyambut-Nya.

Jangan Salahkan Yerusalem

Tidak adil menyalahkan sindrom itu pada kota suci Israel. “Hanya pemicu,” kata Yoram Bilu, antropolog psikologis Israel di University of Chicago Divinity School. “Sebagian besar orang yang menderita Sindrom Yerusalem memiliki beberapa sejarah psikiatris sebelum mereka tiba di sini.”

Sindrom tidak muncul dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, tapi dokter dapat mengendusnya. Misalnya, ada Sindrom Stendhal, yaitu pengunjung ke Florence terlingkupi oleh karya seni yang kuat. Pertama kali dijelaskan pada abad ke-19 dalam buku Stendhal Naples and Florence: A Journey from Milan to Reggio. Penderitanya dapat pingsan spontan, kebingungan, dan berhalusinasi. Paris Syndrome, pertama kali dijelaskan pada 1986, ditandai dengan delusi akut pengunjung ke City of Light dan untuk beberapa alasan tampaknya istimewa memengaruhi wisatawan Jepang.

Apa yang sebenarnya terjadi di otak tidak sepenuhnya jelas. Iman tidak mudah untuk dikategorikan atau dipelajari. Andrew Newberg, neuroscientist di Thomas Jefferson University di Philadelphia, telah melakukan beberapa studi pencitraan otak orang di saat berdoa ekstrem. Sistem limbik, pusat emosi kita, mulai menunjukkan aktivitas yang lebih tinggi, sedangkan lobus frontal, yang biasanya mungkin orang yang tenang, mulai ditutup. “Dalam kasus ekstrem, ini dapat menyebabkan halusinasi, seseorang mungkin percaya mereka melihat wajah Allah atau mendengar suara-suara,” kata Newberg. “Lobus frontal Anda tidak hadir untuk memperingatkan, ‘Hei, ini bukan ide baik'.” Dan orang itu berperilaku yang tidak sesuai norma mereka.”

Psikosis khas Sindrom Yerusalem berkembang secara bertahap. Pada awalnya korban mungkin mulai merasa gejala kecemasan, kegelisahan, dan insomnia. Keesokan harinya, mungkin ada dorongan kompulsif untuk melepaskan diri dari sisa rombongan tur dan mengunjungi tempat-tempat suci seperti Gereja Makam Kudus atau Gereja Kelahiran di Betlehem. Penderita mungkin mengikuti semua itu dengan serangkaian ritual pemurnian seperti mencukur semua rambut tubuh mereka, memotong kuku mereka, atau mencuci sendiri bebas dari kotoran duniawi. Para korban kemudian dapat menjelajah ke Kota Tua berkhotbah dan berteriak-teriak mengklaim bahwa penebusan sudah dekat.

Dalam beberapa kasus, korban percaya bahwa mereka hanyalah gigi dalam proses yang tak terlukiskan, membantu mengatur panggung untuk kembalinya Mesias dengan beberapa tugas kecil yang diberikan kepada mereka. Dalam kasus yang lebih ekstrem, mereka bisa disapu oleh delusi psikotik begitu kuat, sehingga mereka menjadi yakin mereka Yesus Kristus. “Yerusalem adalah tempat gila dalam beberapa hal. Yerusalem melingkupi manusia dan sudah berlangsung selama berabad-abad,” kata Bilu. “Kota ini menggoda, dan orang-orang yang lemah akan mengalami rayuan ini. Saya selalu iri orang-orang yang tinggal di San Diego, yang sejarahnya hampir tidak ada.”

Kota Tua adalah mosaik dari ruang suci, dari Masjid al-Aqsa ke Tembok Barat. Dari Bukit Bait Allah sampai ke jalan-jalan yang diinjak Yesus. Seperti setiap kota, itu adalah kombinasi dari arsitektur dan cerita yang membuat Yerusalem lebih dari sekadar persimpangan jalan. Kota-kota besar, tempat-tempat yang merasa penting ketika Anda berjalan-jalan di kota mereka, selalu mengandalkan stagecraft, fasad tempa halus, atau konsentrasi tinggi signage bercahaya.

Semua itu dapat menanamkan rasa tempat, signifikansi. “Tipuan arsitektur” itu bahkan dapat menanamkan perasaan yang sakral. Tiang-tiang di sekitar Lapangan Santo Petrus di Vatikan, taman batu di Kuil Ryoanji di Kyoto, dan pilar di Jembatan Jamarat dekat Mekkah semua sinar menembak laser transendensi ke dalam otak pengunjung.

“Bagian dari pengalaman akan tempat-tempat itu adalah jalinan masa lalu dan sekarang,” kata Karla Britton, sejarawan arsitektur di Yale School of Architecture. “Ada runtuhnya waktu. Dan bagi sebagian orang yang mengunjungi tempat wisata suci ini, keruntuhan ini dapat secara psikologis membingungkan. Seluruh tindakan ziarah sengaja dimaksudkan sebagai semacam disorientasi.”

Bahwa dalam dan dari dirinya sendiri tidak membuat seseorang gila. “Ada banyak orang yang datang ke Israel dan merasakan kehadiran Allah, dan tidak ada yang salah dengan itu,” kata Lichtenberg. “Itu yang disebut, setidaknya, liburan yang baik. Allah melarang psikiater bersikap sinis.” Lichtenberg melanjutkan ini, “Tapi pertanyaannya adalah, pada titik tertentu iman Anda OK. Dan, pada titik itu tidak OK? Jika seseorang mengatakan, ‘Saya percaya pada Tuhan’, OK. Dan jika mereka berkata, ‘Saya percaya Mesias akan datang', baik-baik saja. Dan jika mereka berkata, ‘Saya percaya kedatangan-Nya sudah dekat', Anda berpikir, yah, itu orang yang beriman sejati. Tetapi jika mereka kemudian berkata, “Dan aku tahu siapa itu! Aku bisa menyebutkan namanya!’ Tunggu dulu.”

Ketika orang-orang dengan Sindrom Yerusalem muncul di rumah sakit, dokter sering hanya membiarkan mereka bercerita, seaneh apa pun narasi mereka. Jika orang itu tidak berbahaya, mereka biasanya sembuh dengan sendirinya. Pasien yang melakukan kekerasan mungkin perlu obat dan dirawat di bawah pengamatan serta dijauhkan dari kontak dengan keluarga atau konsulat mereka.

Perawatan paling efektif pada pengidap Sindrom Yerusalem sering cukup sederhana. Bawa mereka keluar dari Yerusalem. “Sindrom ini gangguan singkat namun intens dengan realitas tempat yang terkait,” kata Bilu. “Ketika seseorang meninggalkan Yerusalem, gejala mereda.” (dw.de/haaretz.com/wired.com)

Tentang Messianic Syndrome Anda dapat baca juga di


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home