Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 12:50 WIB | Jumat, 09 Oktober 2015

Pentingnya Taman Bermain Khusus Bagi Anak

Pentingnya Taman Bermain Khusus Bagi Anak
Anak-anak saat asyik bermain pasir di salah satu sarana yang ada di Taman Tanjung, Jakarta Selatan (7/9/2014). Ini menjadi salah satu alternatif bagi orangtua mengajak anak-anaknya berekreasi sambil bermain. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini gencar melaksanakan program Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) sebagai program khusus mewujudkan Kota Layak Anak. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Pentingnya Taman Bermain Khusus Bagi Anak
Salah satu anak asik bermain pasir di Taman Kota Tanjung, Jakarta Selatan yang memberikan alternatif bermain bagi anak-anak.
Pentingnya Taman Bermain Khusus Bagi Anak
Dua anak tampak tersenyum saat asyk bermain sarana permainan ayunan yang ada di Taman Kota Salam, Jakarta Selatan, (10/6/2015).
Pentingnya Taman Bermain Khusus Bagi Anak
Sekelompok anak remaja saat asik menyempatkan diri bermain di salah satu sarana permainan di Taman Kota Puring, Jakarta Selatan.
Pentingnya Taman Bermain Khusus Bagi Anak
Salah satu keluarga saat asyik menikmati suasana taman kota di Jakarta untuk mengisi waktu berekreasi alternatif yang murah dan terjangkau.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Taman kota menjadi salah satu lokasi alternatif bermain juga belajar bagi anak-anak. Selain sebagai tempat rekreasi, taman juga hadir sebagai ruang interaksi dan bersosialisasi, karena ruang terbuka memberikan informasi dan pengalaman baru bagi anak.  

Sarana permainan yang ada di beberapa taman kota juga memberikan pilihan orangtua mengajak anaknya berekreasi tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Akses menuju taman kota seperti di Jakarta, memang tidak perlu harus mengeluarkan budget banyak, karena ruang terbuka hijau (RTH) ini dibuat untuk masyarakat.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, saat ini terus berupaya membangun atau menata ulang kembali kondisi taman yang ada diseluruh wilayah Jakarta. Berdasarkan Undang Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang RTH, cakupan luasan ruang terbuka di Ibu Kota harus mencapai 30 persen, sementara saat ini baru terpenuhi sekitar 10 – 11 persen.

Begitu banyak manfaat dari taman kota, baik bagi orang tua, anak remaja, dan juga anak. Tempat strategis didesain khusus sebagai bagian dari pelayanan untuk masyarakat yang ingin berekreasi. Meski ada beberapa kekurangan dalam segi fasilitas, seperti akses internet, tidak semua taman miliki, kemudian jenis tanaman dan pohon yang tidak sesuai serta fasilitas penerangan.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta gencar mengkampanyekan Program Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) sebagai bagian dari “kota layak anak”. Selain untuk memenuhi kuota taman kota, Pemprov juga memberikan ruang taman untuk bermain bagi anak.

Berikut beberapa dokumentasi taman kota di Jakarta yang dilengkapi sarana bermain bagi anak yang diabadikan sepanjang tahun 2014 dan 2015. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home