Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Bayu Probo 14:53 WIB | Jumat, 25 April 2014

Penumpang Mabuk Berusaha “Bajak” Pesawat Australia

Pesawat Boeing 737-800 yang dijalankan oleh Virgin Australia. (Foto: indo-aviation.com)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM – Pesawat Boeing 737-800 milik maskapai penerbangan Virgin Australia, dikabarkan dibajak, Jumat (25/4). Namun, kabar ini dibantah pihak Virgin.

Pesawat saat ini dalam kondisi mendarat di Apron selatan Bandara I Gusti Ngurah Rai setelah mendarat pada pukul 14.10 WITA. Pesawat jurusan Brisbane-Bali.

Info disampaikan oleh Kadispen TNI-AU, Marsma Hadi TJ saat diwawancarai langsung oleh Metro TV. Menurut Hadi, pasukan TNI dan Polri saat ini sudah bersiaga di sekitar bandara untuk menyelamatkan penumpang. Ada 139 penumpang.

Berdasarkan keterangan dari Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bakti Gumay, info bahwa pesawat dibajak karena ada penumpang masuk cockpit. Dan, ada sinyal dibajak dikeluarkan dari cockpit kepada ATC (Air Traffic Control) pada pukul 13.05 WITA.

Menurut Kabareskrim Polri, satu pelaku sudah ditangkap. Para penumpang belum keluar.

Airport Manager Virgin Australia, Heru Sujatmika, mengungkapkan ada miskomunikasi. Menurut dia, ATC salah menangkap pesan dari pilot. Menurut Heru yang sebenarnya terjadi adalah ada penumpang mabuk yang memaksa masuk cockpit dan melakukan tindakan ofensif.

Menurut Heru, penumpang tersebut juga tidak membawa benda-benda yang berbahaya. Oleh petugas dalam pesawat, penumpang tersebut diborgol di bagian belakang pesawat. Penumpang mabuk tersebut bernama Matt Christopher, 28 tahun. Dan, tidak ada penumpang terluka.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home