Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 20:32 WIB | Selasa, 23 September 2014

Penyebaran Ebola Berlanjut, Thailand Pasang Kuda-Kuda

Pihak medis menyerukan tanggapan internasional terhadap pencegahan penyebaran wabah yang harus segera ditingkatkan. (Foto: bbc.co.uk)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM – Wabah ebola yang semakin berkembang membuat masyarakat dunia waspada. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan penyebarannya akan berlanjut enam hingga sembilan bulan ke depan, bahkan tidak hanya terbatas di Afrika. Menyikapi hal tersebut, cendekiawan di Thailand memasang kuda-kuda menghadapi penyebaran tersebut dengan menyarankan agar warga tetap mempertahankan pencegahan wabah ebola hingga tahun depan.

Dr. Praset Thongcharoen, penasihat Departemen pengendalian Penyakit di bawah Departemen Kesehatan Masyarakat menyampaikan bahwa tindakan pencegahan terhadap ebola tersebut diperpanjang hingga Februari atau juni tahun depan. Sementara itu, pihak berwenang diperintahkan untuk mengintensifikasi prosedur skrining antara penumpang yang tiba dari negara-negara yang terkena dampak Ebola di Bandara Chiang Mai, Phuket dan Hat Yai.

Korban Tewas Capai 2.800 Orang

Korban tewas akibat ebola di Afrika Barat hingga kini telah mencapai sekitar 2.800 dari 5.800 kasus yang dikonfirmasi kepada WHO pada Senin (22/9) kemarin. Dalam enam bulan sejak wabah ini pertama kali dikonfirmasi, sebanyak 377 petugas kesehatan dinyatakan telah terinfeksi dan 181 di antaranya tewas.

Wabah ini bahkan telah menyebabkan keputusasaan masyarakat di zona-zona tertentu.

Virus ini dimungkinkan juga akan dapat menyebar di negara-negara lain di dunia. Akan tetapi, WHO menyampaikan bahwa negara-negara dengan sistem keamanan dan pelayanan kesehatan yang baik tidak mungkin tertular penyakit virus Ebola. (Ant/cnn.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home