Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Melki Pangaribuan 21:34 WIB | Sabtu, 04 Juli 2015

Penyelam di Australia Lihat Kawanan Hiu Gigit Bangkai Paus

Sejumlah hiu besar tertangkap mata sedang memakan bangkai paus. (Foto: Brett Vercoe)

NEW SOUTH WALES, SATUHARAPAN.COM - Seorang penyelam di Australia telah merekam kawanan hiu, termasuk di dalamnya hiu putih besar, yang sedang memakan bangkai paus di perairan ‘Coffs Harbour’, New South Wales, Australia.

Brett Vercoe dan istrinya sedang dalam perjalanan menyelam ketika menemukan bangkai paus. Brett mengatakan, ia melihat setidaknya lima hiu besar makan dari bangkai paus mati itu.

"Dalam waktu singkat, kami melihat sejumlah hiu berputar-putar di sekitar paus. Setelah 10 atau 15 menit, cukup jelas bahwa ada setidaknya lima hiu – tiga jenis ‘white pointer’ berukuran sekitar 4,5 meter panjangnya, dan dua jenis harimau, yang terbesar panjangnya sekitar 4,2 meter," katanya.

"[Itu] tontonan yang sangat mengesankan karena mereka santai saja sembari mengambil gigitan besar dari ikan paus yang mati," kata Brett.

Ia mengatakan, itu adalah pengalaman yang berharga baginya. "Luar biasa untuk mengetahui bahwa hal ini terjadi hanya lima atau 10 kilometer dari Coffs Harbour. Tak bisa dipercaya. Ini benar-benar menarik," katanya.

Bangkai paus itu kemudian terdampar di pantai. "Ia jelas telah mengambang cukup jauh. Biasanya habitat mereka sekitar 40 kilometer di lepas pantai. Jadi, menemukan bahwa itu hanya sekitar 500 meter dari pantai, ia jelas telah berada di sana untuk beberapa waktu,” kata Brett.

"Ia setidaknya sudah mati selama satu minggu jika dilihat dari kondisinya," katanya.

Rekaman hiu ini muncul setelah dua peselancar diserang oleh hiu di pantai utara New South Wales minggu ini.

Salah satu peselancar, seorang pria 32 tahun, kakinya diserang oleh apa yang diyakini sebagai hiu putih besar di Ballina, dan dilaporkan dalam kondisi kritis di Rumah Sakit Gold Coast.

Kemudian, ada seorang pria 52 tahun yang terlempar dari papan selancarnya oleh seekor hiu di Lennox Head pada hari Jumat (3/7) pagi. Paramedis mengatakan, pria tersebut tak terluka dalam insiden itu. (australiaplus.com)

 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home