Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 11:18 WIB | Kamis, 30 Oktober 2014

Peraih Nobel Malala Donasikan Hadiah Uang untuk Gaza

Malala Yousafzai. (Foto: AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Malala Yousafzai, peraih Nobel Perdamaian, akan mendonasikan 50.000 dolar Amerika (sekitar Rp 608,5 juta) untuk membantu pembangunan kembali sekolah-sekolah PBB di Gaza, ungkap badan pengungsian PBB di Palestina pada Rabu (29/10).

Aktivis HAM anak asal Pakistan berusia 17 tahun itu memenangkan World Children's Prize di Stockholm pada Selasa (28/10), dan mengatakan akan mendonasikan semua uang hadiah itu untuk United Nations Relief and Works Agency (UNRWA).

“Anak-anak Palestina yang tidak bersalah sudah menderita terlalu lama,” UNRWA mengutip pernyataan Malala.

“Kita semua harus bekerja untuk memastikan agar anak laki-laki dan perempuan Palestina dan semua anak di mana pun berada, menerima pendidikan yang berkualitas di lingkungan yang aman.”

Beberapa sekolah UNRWA rusak dalam konflik selama 50 hari pada Juli hingga Agustus antara Israel dan militan Palestina di Jalur Gaza, dan hampir 2.200 warga Palestina tewas, yang hampir seperempatnya adalah anak-anak.

Di pihak Israel, 73 orang tewas, termasuk satu anak-anak.

Direktur UNRWA Pierre Krahenbuhl mengatakan dia “benar-benar tersentuh” oleh keputusan Malala untuk mendonasikan uang hadiahnya kepada badan tersebut.

“Pengakuan dari Anda, seorang penerima Nobel ... akan meningkatkan semangat seperempat juta pelajar UNRWA di Gaza dan meningkatkan moral lebih dari 9.000 staf pengajar kami di sana,” katanya. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home