Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 17:33 WIB | Senin, 23 April 2018

Peran Keluarga Penting Untuk Tumbuhkan Budaya Membaca

Ilustrasi.Tingkatkan minat baca pada anak. (Foto: lampungpro.com)

SERANG, SATUHARAPAN.COM – Upaya menumbuhkan budaya membaca di kalangan generasi muda tidak hanya menjadi tugas sekolah. Peran keluarga juga penting untuk memupuk minat baca anak-anak.

"Literasi ini memiliki banyak dimensi, literasi keluarga, sekolah, dan masyarakat. Jadi tidak hanya peran sekolah, namun juga masyarakat dan keluarga. Di keluarga, kesempatan baik orang tua memberikan contoh dengan baik," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam acara Peringatan Hari Buku Sedunia, di Rumah Dunia, Kampung Ciloang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang Provinsi Banten, Sabtu (21/4).

Orang tua yang biasa membacakan cerita kepada anak-anaknya, adalah contoh baik yang bisa diterapkan oleh semua keluarga. Jika perlu, menurut Muhadjir, para orang tua diajar cara mengajarkan membaca dan membacakan cerita kepada anak-anaknya.

Mendikbud juga mengatakan,  pentingnya memahami apa yang dibaca, bukan sekadar membaca. Jadi, membaca berbeda dengan mengenal huruf-huruf, tetapi membaca adalah memahami kalimat-kalimat yang dibaca. "Sama juga dengan membaca Alquran itu, jangan hanya sekadar baca," kata Muhadjir.

Mendikbud menambahkan, bahwa literasi tidak melulu hanya baca tulis.Jika dilihat dari aspeknya ada banyak: literasi bahasa, literasi hitung, digital, kewarganegaraan, perbankan, lingkungan, dan sebagainya.  (kemdikbud.go.id)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home