Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:53 WIB | Senin, 16 Januari 2017

Perbaikan Jembatan Cisomang Ditargetkan Selesai Maret 2017

Perbaikan jembatan Cisomang ditargetkan selesai Maret 2017. (Foto: pu.go.id)

PURWAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono Kamis sore (12/1) meninjau perkembangan perbaikan Jembatan Cisomang yang berada KM 100+700 pada Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) Jawa Barat.

Secara keseluruhan Menteri Basuki mengatakan, bahwa Jembatan Cisomang dapat diselesaikan sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni pada 31 Maret 2017 yang akan datang. Sebelumnya sejak tanggal 23 Desember 2016 silam telah dilakukan pembatasan lalu lintas dengan hanya membolehkan kendaraan Golongan satu (kecil-non bus) yang dapat melewati Jembatan Cisomang selama masa perbaikan tiga bulan.

"Saat ini telah dilakukan berbagai kajian awal dan  persiapan lingkungan kerjanya. Mudah-mudahan kalau lancar mulai hari Senin, 16 Januari 2017, akan dimulai penanganan dengan konstruksi tiang pancang. Insya Allah, akhir Maret 2017 target penyelesaian pekerjaan masih bisa kita penuhi," kata Menteri Basuki seperti dilansir situs pu.go.id.

Secara lebih detail, Menteri Basuki mengatakan, total tiang pancang yang dipasang berjumlah lebih kurang 50 buah. Kita sedang mencari lapisan batuan breksi untuk meletakkan tiang pancang tersebut. Selain itu, antara pilar P2 dengan P3 juga akan diikat dengan kolom baja (strutting) sepanjang 30 meter. Serta pilar P1 dan P2 akan diberikan penguatan dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP).

Mengenai pergerakan tanah, Menteri Basuki mengatakan saat ini masih dalam kondisi aman, dan terus dilakukan monitoring intensif dengan teknologi Robotic Total Station secara kontinu 24 jam, terutama pada musim hujan dimana debit air dapat memberikan pengaruh pada pergeseran struktur jembatan.

Lebih lanjut, berdasarkan perhitungan di lapangan dan pengalaman empiris lainnya, Menteri Basuki memperkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk penanganan jembatan Cisomang berkisar Rp 70 miliar.

Dalam penanganan Jembatan Cisomang, Kementerian PUPR didampingi oleh tenaga ahli dari berbagai disiplin, antara lain yang berasal dari Komisi Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan (KKJTJ), LAPI ITB, dan PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol.

Dalam kaitan  pengembangan wilayah ke depan, perlu dikaji dan didorong lebih cepat jaringan jalan tol yang menghubungkan Kawasan Metropolitan Jabodetabek dengan Kawasan Metropolitan Cekungan Bandung melalui jalur Jakarta-Bogor-Ciawi-Sukabumi-Cianjur-Padalarang.

Dengan demikian beban lalu lintas tidak hanya tertumpu pada ruas tol Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang). Masyarakat akan memiliki pilihan jalur yang lebih banyak dan tentunya keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan tol dapat lebih terjamin.

 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home