Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:43 WIB | Senin, 28 Oktober 2019

Pereka Cipta Belanda Buat Perangkat Bersihkan Sungai dari Plastik

Kapal pengumpul sampah plastik, The Ocean Cleanup, diderek kapal tunda ke arah jembatan Golden Gate di San Francisco menuju Samudra Pasifik, 8 September 2018. (Foto: Voaindonesia.com)

BELANDA, SATUHARAPAN.COM – Boyan Slat, pereka cipta asal Belanda, memperluas upayanya untuk membersihkan plastik yang mengapung dari Samudra Pasifik, dengan merambah ke sungai. Dia menggunakan perangkat terapung untuk menangkapi sampah dari sungai, mencegah sampah memasuki laut.

Laki-laki 25 tahun yang putus kuliah itu mendirikan The Ocean Cleanup, untuk mengembangkan dan menggunakan sistem yang ia ciptakan ketika berusia 18 tahun. Sistem itu menangkap sampah plastik yang terapung di laut.

Pada Sabtu (26/10), ia mengungkap inovasi terbarunya: sebuah perangkat dengan energi surya yang disebutnya "interceptor". Perangkat itu menangkapi plastik yang dilewatinya di sungai.

Slat mengatakan sungai "ibarat arteri yang membawa sampah dari darat ke laut."

Ia mengatakan, tiga mesinnya sudah beroperasi di Indonesia, Malaysia dan Vietnam. Perangkat keempatnya akan segera digunakan di Republik Dominika. (Voaindonesia.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home