Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:47 WIB | Kamis, 05 Maret 2015

Perempuan Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun ke-117

Perempuan tertua di dunia Misao Okawa merayakan ulang tahun ke-117 pada 5 Maret 2015. (Foto: AFP)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Orang tertua di dunia, Misao Okawa, seorang ibu dari tiga anak, nenek dari tiga cucu sekaligus buyut dari enam cicit, pada Kamis (5/3) berusia 117 tahun di Jepang barat.

Okawa, salah satu dari segelintir orang yang lahir di abad ke-19 dan masih hidup, “terlihat sehat,” ungkap seorang pejabat di rumah perawatannya di Osaka kepada AFP.

Okawa merayakan ulang tahunnya sehari lebih awal, dikelilingi keluarga.

Dia ditemani anak tertuanya Hiroshi (92) dan seorang cicit berusia dua tahun.

Pejabat lokal Takehiro Ogura juga mengunjunginya dengan membawa seikat bunga untuk Okawa, yang kelahirannya bertepatan dengan pecahnya perang Spanyol-Amerika.

“Selamat ulang tahun untuk Anda,” bisik Ogura ke telinganya.

Ditanya apakah Okawa menemukan rahasia agar bisa berumur panjang, dia tidak memberi tahu media yang berkumpul, menjawab dengan malu-malu: “Saya tidak tahu.”

Jepang, yang sebagian besar rakyatnya diketahui cenderung berumur panjang, juga merupakan rumah bagi orang tertua di dunia - Sakari Momoi (112).

Pada 2013, tingkat harapan hidup bagi perempuan di Jepang adalah 86,61 persen, yang terpanjang di dunia, sementara bagi pria sebesar 80,21 persen, terpanjang keempat, menurut kementerian kesehatan. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home