Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 15:28 WIB | Jumat, 05 September 2014

Peringatan 120 Tahun Museum Zoologicum Bogoriense

Peringatan 120 Tahun Museum Zoologicum Bogoriense
Logo peringatan 120 tahun Museum Zoologicum Bogoriense. (Foto-foto: lipi.go.id)
Peringatan 120 Tahun Museum Zoologicum Bogoriense
Ruang penyimpanan Museum Zoologicum Bogoriense.

BOGOR, SATUHARAPAN.COM - Memperingati ulang tahun yang ke-120, Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) akan melangsungkan kegiatan Science Camp dan Open House.

Science Camp yang dilangsungkan 22-23 September, akan melibatkan mahasiswa untuk diajak masuk ke dalam dunia permuseuman dan dunia penelitian zoologi. Acara Open House digelar 30 September, melibatkan semua elemen masyarakat.

Science Camp diadakan di kawasan Cibinong Science Center (CSC), Jalan Jakarta-Bogor Km 46 Cibinong. Kegiatan dilaksanakan siang dan malam hari. Kegiatan dilaksanakan di dalam dan di luar ruangan. Kegiatan kuliah dilaksanakan di dalam ruangan, begitu pula pengenalan laboratorium dan proses identifikasi. Kegiatan di luar ruangan meliputi metode pengambilan sampel koleksi fauna.

Dalam kegiatan Science Camp, peserta akan diberi materi metode pengambilan sampel koleksi fauna di lapangan oleh tujuh kepala laboratorium (Moluska, Krustasea, Serangga, Ikan, Mamalia, Amfibi-Reptil, dan Burung). Selanjutnya, dalam kegiatan lapangan, peserta dikelompokkan ke dalam empat kelompok berdasarkan proporsi atau minat, yakni  Moluska dan Amfibi-Reptil, Serangga, Mamalia dan Burung, serta Ikan dan Krustasea.

Kegiatan pengambilan sampel koleksi fauna dilaksanakan setelah memeperoleh materi kuliah. Kegiatan itu bisa dilaksanakan pada waktu siang maupun malam hari. Lokasi kegiatan berada di sekitar kawasan CSC. Kegiatan diakhiri dengan presentasi hasil kerja peserta yang akan dinilai staf ahli MZB untuk menentukan pemenang kelompok presenter terbaik. Seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat dari MZB.

Pendaftaran Science Camp dilakukan melalui sekretariat panitia Peringatan 120 Tahun Museum Zoologicum Bogoriense dengan alamat Bidang Zoologi, Pusat Penelitian Biologi-LIPI; Gedung Widyasatwaloka;  Jl Raya Jakarta-Bogor, Km 46, Cibinong, 16911 (Telepon: 021-8765056, Faksimili: 021-8765068; Email : mzb120th@gmail.com).

Biaya pendaftaran untuk mahasiswa sebesar Rp 500.000, sementara untuk umum Rp 800.000. Pembayaran dilakukan dengan sistem transfer ke  BRI Kantor Cabang Cibinong No Rek  0421-01-012045-50-7, a.n. Nur Rohmatin Isnaningsih (Bendahara 120 Tahun MZB).

Berinteraksi dengan Peneliti

Open House pada 30 September mulai dibuka pukul 08.00, di Gedung Widyasatwaloka, Cibinong Science Center, Pusat Penelitian Biologi.

Open House menampilkan hasil-hasil penelitian dan fasilitas yang dimiliki Museum Zoologi Bogor di Cibinong. Fasilitas yang akan dikunjungi adalah Ruang koleksi basah yang menyimpan koleksi fauna Vertebrata maupun Invertebrata, Ruang koleksi Burung, Ruang koleksi Mamalia, Laboratorium Reproduksi, Laboratorium Genetika, dan Laboratorium Nutrisi.

Peserta akan terlibat dan berinteraksi langsung dengan staf peneliti melalui media display, acara game dan kuis, multimedia, dan sebagainya. Open House akan dibuat lebih komunikatif sehingga nantinya museum akan menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi, bermain, dan belajar. Kegiatan itu dimaksudkan untuk memperluas pengetahuan masyarakat akan keanekaragaman fauna Indonesia serta meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam upaya pelestariannya.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Dr Amir Hamidy (HP 0821 3787 1914) dan Nur Rohmatin Isnaningsih, SSi (HP 0877 7041 5093). (lipi.go.id)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home