Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 15:17 WIB | Sabtu, 09 Mei 2015

Peringati Hari Burung Migrasi Sedunia di Jakarta

Peringati Hari Burung Migrasi Sedunia di Jakarta
Puluhan mahasiswa-mahasiswi dari berbagai universitas di Jakarta melakukan kegiatan pengamatan burung dalam rangka memperingati Hari Burung Migrasi Sedunia atau World Migratory Bird Day yang jatuh pada 9 dan 10 Mei. Kegiatan yang diadakan di hutan lindung Angke Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu (9/5) ini juga diikuti pegiat lingkungan dan masyarakat umum dan diadakan serentak di berbagai wilayah di Indonesia di antaranya Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Peringati Hari Burung Migrasi Sedunia di Jakarta
Dua mahasiswa saat mengikuti kegiatan pengamatan burung dalam rangka World Migratory Bird Day bertema "Energy - Make It Bird Friendly" di hutan lindung Angke, Kapuk, Jakarta Utara.
Peringati Hari Burung Migrasi Sedunia di Jakarta
Mahasiswa-mahasiswi berbagai perguruan tinggi saat melakukan pengamatan burung dalam rangka memperingati Hari Burung Migrasi Sedunia yang serentak dilaksanakan di beberapa wilayah di Indonesia maupun sejumlah negara.
Peringati Hari Burung Migrasi Sedunia di Jakarta
Para mahasiswa dan mahasiswi serta masyarakat pegiat fotografi saat mengikuti kegiatan pengamatan burung dan memotret burung di kawasan hutan lindung Angke Kapuk, Jakarta Utara dalam rangka memperingati Hari Burung Migrasi Sedunia.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Puluhan mahasiswa dari berbagai universitas melakukan pengamatan burung menyambut Hari Burung Migrasi Dunia (Wold Migratory Bird Day) yang jatuh pada 9 dan 10 Mei, dengan tema “ Energy: Make It Bird Friendly“.

Kegiatan yang diikuti sekitar 40 mahasiswa dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Indonesia (UI), serta Universitas Islam Negeri (UIN), juga beberapa pegiat lingkungan dan pegiat fotografi itu, digelar untuk mendata jumlah jenis burung yang ada di sekitar kawasan hutan lindung Angke, Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu (9/5).

Dalam pengamatan yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB itu berhasil diidentifikasi 27 jenis burung. Metode pengamatan dilakukan secara langsung menggunakan teropong atau binokular, serta buku panduan lapangan dan buku saku kecil untuk catatan.

Hutan lindung Angke Kapuk merupakan kawasan konservasi yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Luasnya sekitar 44,76 hektare. Kawasan itu didominasi hutan mangrove dengan tujuh jenis mangrove sejati seperti Avicennia officinalis, Rhizophora apiculata, Sonneratia caseolaris, dan jenis lainnya. Berbagai jenis burung pantai, burung air, serta hutan juga banyak dijumpai, di antaranya jenis burung remetuk lauk, kipasan belang, serta blekok sawah, dan banyak lagi.

Hari Burung Migrasi Dunia merupakan ajang internasional yang sering diadakan sejumlah pengamat burung di belahan dunia, salah satunya Indonesia. Hari ini kegiatan serupa tidak hanya dilaksanakan di Jakarta, namun juga diadakan serentak di beberapa wilayah di Indonesia di antaranya Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home