Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 05:58 WIB | Sabtu, 07 Maret 2020

"Perseverance" Wahana Penjelajah Mars Generasi Terbaru

"Perseverance" Wahana Penjelajah Mars Generasi Terbaru
Lengan robotic "Perseverance." (Foto: bbc.com)
"Perseverance" Wahana Penjelajah Mars Generasi Terbaru
"Perseverance" terlihat sama dengan wahana "Curiosity" tetapi kemampuannya ditingkatkan. (Foto: sciencenews.org)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, pada Kamis (5/3) memberi nama "Perseverance" untuk wahana penjelajah Mars generasi terbaru mereka. Wahana tersebut dirancang untuk lebih memahami geologi Mars dan mencari tanda-tanda kehidupan kuno. Wahana ini dijadwalkan akan diluncurkan pada Juli hingga Agustus tahun ini.

Nama itu, yang diusulkan oleh siswa kelas tujuh Alexander Mather dari Virginia, dipilih dari 28.000 opsi yang diajukan para siswa K-12 di AS. Thomas Zurbuchen, administrator rekanan Direktorat Misi Ilmu Pengetahuan NASA, memandu pemilihan nama tersebut di sekolah Mather.

"Nama yang diusulkan Alex menangkap semangat penjelajahan," tutur Zurbuchen. "Seperti setiap misi eksplorasi sebelumnya, wahana penjelajah kami akan menghadapi tantangan ... pekerjaan yang menginspirasi akan selalu membutuhkan ketekunan. Kami tidak sabar untuk melihat papan nama itu di Mars."

Wahana tersebut merupakan bagian dari program eksplorasi NASA yang lebih besar dan mencakup misi ke Bulan sebagai cara untuk mempersiapkan misi manusia ke Planet Merah tersebut.

Perseverance, yang diperkirakan akan mendarat di Mars pada Februari 2021 di lokasi delta sungai kuno di sebuah danau yang pernah mengisi Kawah Jezero, akan mengumpulkan dan menyimpan sampel bebatuan dan tanah dalam tabung tertutup, serta akan mencari tanda-tanda kehidupan mikroba masa lalu.

Perseverance memiliki panjang 3 meter, lebar 2,7 meter, tinggi 2,2 meter, dan berat 1.025 kilogram. Wahana penjelajah itu akan didukung oleh panas dari pembusukan alami plutonium-238 untuk menghasilkan listrik. Saat ini, Perseverance sedang dalam proses perakitan akhir dan pemeriksaan di Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida, menurut NASA. (Xinhua)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home