Google+
Loading...
FOTO
Penulis: Reporter Satuharapan 21:15 WIB | Sabtu, 22 Desember 2018

Persiapan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Sejumlah Daerah

Persiapan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Sejumlah Daerah
Sejumlah peserta menari saat mengikuti Salatiga Christmas Parade 2018 di Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (22/12/2018). Sebanyak 32 kontingen dari gereja serta sekolah Kristen dan Katolik di Salatiga mengikuti Salatiga Christmas Parade 2018 yang diselenggarakan sebagai wujud suka cita damai antarsesama dalam menyambut perayaan Natal 2018. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/kye.
Persiapan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Sejumlah Daerah
Sejumlah peserta mengenakan kostum berbentuk kado natal saat mengikuti Salatiga Christmas Parade 2018 di Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (22/12/2018). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/kye.
Persiapan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Sejumlah Daerah
Dua umat Kristiani merangkai payung "geulis" menjadi pohon Natal di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (22/12/2018). Pohon Natal setinggi dua meter yang dirangkai dari payung "geulis" itu guna memeriahkan Natal. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/aww.
Persiapan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Sejumlah Daerah
Umat Katolik menyelesaikan pembuatan pohon natal saat mengikuti lomba pohon natal berbahan baku barang bekas di Gereja Katholik ST Yoseph Medari, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (21/12/2018). Acara yang diikuti ratusan umat itu diselenggarakan untuk menyambut Natal 2018. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/kye.
Persiapan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Sejumlah Daerah
Bentuk pohon-pohon natal untuk menyambut Natal 2018 saat perlombaan pohon natal berbahan baku barang bekas di Gereja Katholik ST Yoseph Medari, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (21/12/2018). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/kye.
Persiapan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Sejumlah Daerah
Menjelang Natal 2018, tim Gegana Polda DIY melakukan sterilisasi di Gereja Keluarga Kudus Banteng, Ngaglik, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (22/12/2018) dan sejumlah tempat peribadatan yang akan digunakan untuk perayaan Natal guna menjamin keamanan dan kenyamanan umat dalam beribadah . ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/kye.
Persiapan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Sejumlah Daerah
Personel Gegana Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan sterilisasi di Gereja Keluarga Kudus Banteng, Ngaglik, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (22/12/2018). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/kye.

KUPANG, SATUHARAPAN.COM - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur mensiagakan 5.251 personel gabungan untuk mengamankan jalannya perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di wilayah berbasis kepulauan itu.

Kapolda NTT Irjen Pol Raja Erizman kepada wartawan di Kupang, Sabtu (22/12), mengatakan bahwa jumlah tersebut merupakan gabungan dari seluruh anggota Polri wilayah NTT serta TNI, Satppl PP, Linmas, serta sejumlah pihak keamanan lainnya.

"Kalau dirincikan dari total jumlah personel itu, personel kepolisian wilayah NTT sendiri mulai dari Polda NTT dan Polres jajaran mencapai 2.417 personel," papar dia.

Jumlah itu terdiri dari 257 personel dari Polda NTT serta 2.160 personel dari Polres jajaran. Sementara TNI wilayah NTT sendiri mensiagakan 546 personel.

Dalam kesempatan tersebut komandan berbintang dua itu mengatakan bahwa perayaan Natal 2018 yang dibarengi dengan perayaan Tahun Baru 2019 merupakan momen yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, karena diiringi pula dengan penetapan libur nasional.

Realitas itu kata dia memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat, seperti terjadinya peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, mobilitas modatransportasi, serta peningkatan "demand" terhadap kebutuhan pokok khususnya bahan pangan.

"Kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian kita bersama," tegas dia.

Kapolda NTT yang pernah menjabat sebagai Kadivkum Mabes Polri itu juga menambahkan bahwa perlu kerja bersama, tidak hanya oleh pihak keamanan saja tetapi seluruh masyarakat di wilayah provinsi berbasis kepulauan itu.

Pihak keamanan juga kata dia sudah bekerja sama mencegah berbagai hal yang tidak dinginkan terjadi selama perayaan Natal dan Tahun Baru dengan mengelar Pam Lilin Turangga 2018.

Untuk wilayah NTT kata dia, dilaksanakan menyebar di 3.003 Gereja, 40 Terminal, 43 Pelabuhan, 14 Bandara, 167 tempat wisata, 98 Pusat Perbelanjaan.

Disamping itu juga dilaksanakan juga pengamanan di 52 tempat perayaan ganti tahun, 64 Hotel, 23 lapangan terbuka, 51 restoran, 31 Pantai.

"Sedangkan daerah operasi Pam Lilin Turangga 2018 ada 16 Polres dan 1 Kota yakni di Kota Kupang," tambah dia.

2.500 Personel Dishub DKI

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mengerahkan sebanyak 2.500 personel selama libur Natal dan Tahun Baru yang bertugas untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas di kawasan tempat-tempat wisata.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, mengatakan terdapat sembilan kawasan destinasi wisata dan pusat keramaian yang menjadi fokus perhatian oleh pihaknya.

"Kami melakukan mitigasi lalu lintas di kawasan Monas, Ancol, Kota Tua, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Lapangan Banteng, Taman Ismail Marzuki dan Tugu Proklamasi," kata dia.

Sigit juga menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan pemilik dan pengelola gedung di sekitar kawasan wisata untuk memfasilitasi lokasi-lokasi parkir tambahan. Meski demikian, pihaknya mengimbau agar warga yang akan mengunjungi tempat-tempat wisata sebaiknya tidak menggunakan kendaraan pribadi.

"Kami berharap, transportasi umum dapat menjadi pilihan untuk mencegah terjadinya kemacetan. Nanti juga kami akan lebih mengencarkan sosialisasi," tuturnya.

Sigit juga menyebut saat malam pergantian tahun akan ditempatkan beberapa unit ambulan yang bersiaga di 22 titik-titik strategis maupun lokasi yang diproyeksikan menjadi pusat keramaian di lima wilayah kota.

"Selain personel, Dishub akan mengerahkan mobil derek dan Vehicle Message Sign. Kami akan bekerja optimal, menyiagakan petugas piket dan posko, baik di tingakat Dinas maupun Sudin, UP Terminal, dan UP SPLL selama 24 jam," tuturnya.

Ketersedian dan penambahan-penambahan lokasi parkir di kawasan tempat wisata adalah sebagai berikut;

1. Monas
Area parkir tersedia yakni IRTI Monas dengan lokasi parkir tambahan di Monas Pintu Istana, Stasiun Gambir, Masjid Istiqlal, Gedung Lemhanas dan Perpustakaan Nasional.

2. Kawasan Kota Tua
Area parkir tersedia di sekitar Jalan Kali Besar dan Taman Kota Intan. Dishub juga akan mendorong dioperasikannya shuttle bus untuk memudahkan wisatawan yang parkir di Taman Kota Intan menuju Museum Sejarah Jakarta.

3. Lapangan Banteng
Lokasi parkir tambahan di Masjid Istiqlal dan Kantor Pos Besar.

4. Taman Ismail Marzuki
Area parkir tersedia di basement I dan II Taman Ismail Marzuki, pelataran Masjid Amir Hamzah, dan pelataran Eks TPS 240.

5. Tugu Proklamasi
Area tersedia di Lokasi Parkir UMKM Proklamasi.

6. Taman Mini Indonesia Indah
A) Zona 1, area parkir tersedia di lokasi parkir besar utara dan selatan, serta Keong Mas.
B) Zona 2 atau tengah, untuk kendaraan roda dua dapat parkir di setiap anjungan.
C) Zona 3, untuk light vehicle di Museum Keprajuritan, Dunia Air Tawar, Taman Burung, Iptek dan Majid At-Tin.

7. Taman Margawasatwa Ragunan
Lokasi parkir tersedia di area milik TMR dengan tambahan di Park and Ride Ragunan, Terminal Ragunan, dan Gedung Kementerian Pertanian. (ANTARA News)

 

Editor : Melki Pangaribuan

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home