Google+
Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 21:07 WIB | Kamis, 17 Mei 2018

Pertamina Siap Penuhi Kebutuhan Gas Elpiji di Jambi

Ilustrasi Elpiji 12 kg. (Foto: Dok.satuharapan.com)

JAMBI, SATUHARAPAN.COM - Pertamina Marketing Operation II Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel), menyatakan siap menjaga layanan dan distribusi gas elpiji untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Provinsi Jambi selama Ramadan hingga Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Peningkatan konsumsi elpiji biasanya terjadi mendekati Hari Raya Idul Fitri, sehingga kami sudah akan meningkatkan penyaluran gas elpiji berbagai varian sebagai antisipasi meningkatnya konsumsi masyarakat," kata General Manager MOR II Sumbagsel, Erwin Hiswanto di Jambi, Kamis (17/5).

Untuk di wilayah Provinsi Jambi penyaluran varian gas elpiji 3 kilogram pada Bulan Juni 2018 diperkirakan tidak terdapat peningkatan yang signifikan. Sedangkan untuk penyaluran elpiji 12 kilogram berkurang sekitar 4.97 persen jika dibandingkan dengan penyaluran Bulan Mei.

Pertamina MOR II Sumbagsel juga telah mempersiapkan lembaga penyalurannya. Untuk di wilayah Jambi kata Erwin, terdapat 40 agen elpiji 3 kilogram, 401 pangkalan elpiji 3 kilogram yang siaga dan 13 agen elpiji 12 kilogram.

"Kami sudah menyiapkan proyeksi penyaluran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dan untuk memantau peningkatan dan kebutuhan energi selama puasa dan lebaran kami juga akan menyiapkan Tim Satuan Penugasan (Satgas) sejak H-15 hingga H+15 lebaran demi kenyamanan masyarakat," katanya menjelaskan.

Selain itu secara keseluruhan di wilayah kerja Pertamina MOR II Sumbagsel itu, pihaknya juga memprediksi adanya peningkatan penggunaan gas elpiji menjelang Bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

Prediksi peningkatan konsumsi elpiji ukuran 3 kilogram itu diperkirakan mencapai 11 persen, sehingga untuk mengantisipasi rencana penyaluran elpiji 3 kilogram di wilayah Sumbagsel untuk Bulan Juni diperkirakan naik hingga 3,6 persen dari penyaluran pada Bulan Mei.

Sedangkan untuk elpiji 12 kilogram, rencana penyaluran pada Bulan Juni 2018 diperkirakan menurun sebanyak 5 persen dibandingkan penyaluran Bulan Mei yang diakibatkan oleh libur lebaran.

Namun demikian, Pertamina tetap menyiapkan rencana penyaluran elpiji 12 kilogram tersebut sebanyak 3.526 MT serta varian Bright Gas 5,5 kilogram sebanyak 347 MT dan Bright Gas 12 kilogram sebanyak 721 MT untuk periode H-15 dan H+15.

Di samping itu, Erwin berharap seluruh inovasi pelayanan dan distribusi kebutuhan energi yang dilakukan oleh Pertamina dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan serta memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan dan Idul Fitri.

"Dengan terjaganya ketahanan energi tersebut, sehingga masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dan merayakan lebaran dengan nyaman dan tenang," katanya. (Antara)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home