Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 08:28 WIB | Senin, 06 Oktober 2014

Perundingan Damai Sudan Selatan Kembali Ditunda

Perundingan akan dilanjutkan pada 16 Oktober.
Perang di Sudan Selatan banyak mengakibatkan banyak korban di antaranya adalah anak-anak. (Foto: theguardian.com)

ADDIS ABABA, SATUHARAPAN.COM – Perundingan antara fraksi yang bertikai di Sudan Selatan, yang baru menunjukkan hasil minim sejak dimulai hampir 10 bulan lalu, kembali ditunda pada Minggu (5/10), kata delegasi pemerintah.

“Perundingannya ditunda,” kata seorang sumber dari Intergovernmental Authority on Development (IGAD), sebuah kelompok regional Afrika Timur yang memediasi perundingan di ibu kota Ethiopia Addis Ababa, kepada AFP.

Michael Makuei, kepala negosiator untuk pemerintah Sudan Selatan, mengatakan kepada AFP bahwa negosiasinya dihentikan oleh IGAD namun akan dilanjutkan pada 16 Oktober.

“Itu akan memberikan waktu untuk mereka berkonsultasi mengenai masalah yang menonjol dan titik yang sulit diselesaikan dalam perundingan tersebut, khususnya soal kekuasaan perdana menteri dan apakah presiden akan menjadi kepala negara sekaligus kepala pemerintah,” katanya.

Perundingan yang sudah berulang kali terganggu sejak dimulai pada Januari itu ditujukan untuk menemukan solusi tahan lama bagi konflik yang mencuat pada 15 Desember antara pendukung setia Presiden Sudan Selatan Salva Kiir dengan pendukung mantan wakil presiden Riek Machar. 

Tentang Perang Saudara di Sudan Selatan dapat Anda baca di:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home