Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Bayu Probo 11:35 WIB | Jumat, 20 September 2013

Perusahaan Engineering Terbesar di Dunia Kampanye Transportasi Umum

Kereta listrik di jalur terbaru dan terpanjang, Kadikoy-Kartal, di Istanbul, Turki. (Foto: ABB)

ZURICH, SATUHARAPAN.COM – Untuk mendukung Minggu Mobilitas Eropa (European Mobility Week - EMW) pada 16-22 September, ABB menjalankan kampanye kesadaran tentang teknologi transportasi berkelanjutan dengan mendorong orang untuk berbagi cerita dan foto-foto perjalanan mereka pada transportasi umum.

ABB adalah perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Zurich, Swiss, yang beroperasi di di bidang robotika dan terutama pada energi dan bidang teknologi otomatisasi. ABB ada peringkat 158 perusahaan terbesar dunia menurut Forbes (2013).

ABB adalah salah satu perusahaan engineering terbesar di dunia. ABB beroperasi di sekitar 100 negara , dengan sekitar 145.000 karyawanPendapatan global sebesar $ 40miliar (Rp 451 triliun). Di Indonesia, ABB hadir sejak 1986. Proyek terakhir ABB Indonesia adalah pembangunan jaringan listrik Jawa-Sumatra, tender dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Promosi Transportasi Umum

EMW  mendorong kota untuk mempromosikan transportasi berkelanjutan dan menggunakan alat transportasi selain mobil. Dengan transportasi umum yang lebih baik, kota dapat memotong kemacetan lalu lintas, meningkatkan keselamatan di jalan, mengurangi polusi, mendorong inklusi sosial, dan menjadi motor bagi pertumbuhan ekonomi.

Bertepatan dengan EMW 2013, Asosiasi Internasional Transportasi Publik (International Association of Public Transport—UITP ) meluncurkan gerakan ”Bersama mendukung  pertumbuhan transportasi umum”. Gerakan ini mendorong semua pihak untuk meningkatkan kesadaran akan manfaat angkutan umum dan untuk menunjukkan komitmen mereka untuk mobilitas yang berkelanjutan.

Sebagai pemimpin dunia dalam teknologi listrik dan otomatisasi, ABB telah lama mengembangkan solusi untuk transportasi berkelanjutan dan percaya inovasi perusahaan memiliki potensi untuk mengubah lingkungan perkotaan bagi kepentingan semua.

Flash-charging untuk Bus Listrik

Inovasi terbaru ABB adalah teknologi “flash-charging” bus listrik kapasitas-besar baru-baru ini diresmikan di Jenewa, Swiss. Dengan sistem ini bus cukup mengisi listrik selama 15 detik di halte bus dan mendapat daya yang cukup untuk mencapai halte pengisian berikutnya. Sistem ini memungkinkan lalu lintas bus bisa lancar. Selain tidak berisik dan memiliki nol emisi, teknologi membutuhkan jaringan lsitrik yang repot karena infrastruktur pengisianlistrik ada di halte.

Energi Alternatif di Kereta Api

Dalam transportasi kereta api, ABB memainkan peran penting dalam memungkinkan operator angkutan umum untuk menggunakan energi cerdas dengan menyediakan transportasi ramah lingkungan dan halus. Salah satu inovasi yang telah diimplementasikan pada jaringan kereta api dari Philadelphia, Amerika Serikat adalah teknologi pengereman regeneratif. Ini mengubah energi pengereman kereta api menjadi listrik dan mengembalikannya ke sistem kekuasaan. Berkat ENVILINE Energy Recuperation System dari ABB, konsumsi energi dapat dipotong sebesar 30%.

Teknologi ABB mencakup berbagai macam produk hemat energi dan sistem yang meningkatkan kinerja dan mengurangi jejak energi sistem transportasi umum. Instalasi penting lainnya adalah jalur kereta terbaru dan terpanjang, Kadikoy-Kartal, di Istanbul, Turki. Juga, Jalur kereta tanpa masinis di Dubai. Istanbul dan Dubai mengandalkan solusi energi ABB.

Penyebaran Foto EMW

Selama EMW, ABB mendukung kesadaran akan kebutuhan untuk transportasi perkotaan yang berkelanjutan dengan mendorong karyawan dan masyarakat umum untuk mengambil foto atau video tentang diri mereka sendiri saat menggunakan alat transportasi ramah lingkungan dan mempostingnya di media sosial, dengan menggunakan tagar #ABBcommute. Gambar-gambar terbaik atau rekaman akan dibagikan di akun media sosial ABB.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home