Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 10:35 WIB | Senin, 24 September 2018

Perusahaan Kertas Kembangkan Alternatif Pengganti Plastik

Ilustrasi. Sebagian perusahaan makanan di negara maju sudah memanfaatkan kertas untuk pembungkus sebagai pengganti plastik. (Foto: colvum.com)

JEPANG, SATUHARAPAN.COM – Perusahaan-perusahaan kertas besar di Jepang mengembangkan alternatif pengganti plastik dalam upaya mendapatkan keuntungan dari tren dunia mengurangi sampah plastik.

Oji Holdings Corporation menciptakan kemasan kertas yang dapat digunakan untuk makanan ringan. Perusahaan itu mengatakan material ini dilapisi zat kimia khusus sehingga sulit ditembus oleh oksigen dan kelembaban. Perusahaan itu menargetkan untuk memulai produksi massal tahun depan.

Sementara itu, Nippon Paper Industries mengembangkan sebuah sistem kemasan kertas untuk smoothies dan minuman serupa. Perusahaan itu berencana memasarkan produk tersebut ke perusahaan pembuat minuman mulai tahun fiskal mendatang.

Usaha kertas di Jepang lesu akibat populasi Jepang yang berkurang dan tren masyarakat menuju nirkertas. Pabrikan-pabrikan kertas berharap menambah sumber pendapatan baru dengan mengembangkan produk-produk kertas yang dapat menggantikan plastik. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home