Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:47 WIB | Minggu, 25 Desember 2016

Pesan Natal Katedral Ajak Umat Amalkan Pancasila

Ilustrasi. Jemaat sedang merayakan misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, hari Sabtu (24/12). (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Uskup Agung Jakarta MGR Ignatius Suharyo yang memimpin Perayaan Ekaristi dalam Misa Pontifikal Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (25/12), menyisipkan ajakan untuk semakin mengamalkan Pancasila terutama sila ke-2 Kemanusiaan yang Adil dan Beradab di 2017.

"Mengamalkan Pancasila khususnya sila ke-2 agar kita menjadi semakin adil dan beradab dalam segala hal. Jika umat Khatolik mengamalkan sila ke-2 kita berarti sedang memperbaiki Kemuliaan Allah di negeri ini yang menjadi semakin kabur," kata Uskup Agung Jakarta.

Sebelumnya dalam pesan Natal, ia menyampaikan perihal Kemuliaan Allah yang menjadi semakin kabur saat ini di Indonesia karena persoalan yang berkaitan dengan keragaman suku, ras, dan agama. Persoalan ini disebabkan karena masih tingginya angka kemiskinan, semakin tingginya angka pengguna narkoba, korupsi yang semakin liar serta kondisi demokerasi yang belum dewasa.

Perayaan Natal, menurut dia, bukan saja sebuah iman masa lampau melainkan pula iman kristiani aktual. Maka bagi umat Kristiani yang merayakan Natal selain mengharapkan damai dan suka cita tentu juga memuat amanat untuk lebih terlibat seluas-luasnya secara konkrit menyelesaikan persoalan aktual dalam bangsa ini.

Konteks positif yang terjadi dalam bangsa ini, ia mengatakan banyak hal menjadi semakin baik, contoh terkait pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik, termasuk pembangunan di perbatasan dan Papua.

Namun, menurut dia, ada pula tantangan iman termasuk untuk umat Kristiani yakni kemiskinan yang entah kapan teratasi, korupsi semakin liar, narkoba semakin mengerikan dan persoalan persaudaraan yang semua sadar akhir ini digoyang rerus, terutama yang berkaitan dengan suku, ras dan agama.

Gereja Katedral telah melaksanakan Misa Malam Natal pada Sabtu (24/12), diawali acara konser Natal dilakukan pukul 16.00 WIB yang kemudian dilanjutkan acara Misa Natal yang dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, lalu dilanjutkan sesi kedua pada pukul 19.30 WIB dan yang terakhir pada pukul 22.00 WIB.

Sedangkan di hari Minggu, 25 Desember 2016, Misa Natal terbagi menjadi lima sesi. Sesi pertama dimulai pukul 06.00 WIB yang diikuti ratusan jamaat, sesi kedua yakni pukul 07.30 WIB diikuti lebih dari 1000 jamaat, dilanjutkan dengan Misa natal sesi ketiga pada pukul 09.00 WIB yang dipimpin langsung oleh Uskup Agung Jakarta MGR Ignatius Suharyo dan dihadiri sekitar 3.000 jamaat.

Lalu dilanjutkan pada pukul 11.00 WIB untuk acara Misa Natal Keluarga dan ditutup dengan sesi terakhir yang akan dimulai pada pukul 18.00 WIB. Pada Misa Natal Keluarga tampak anak-anak usia tiga tahun ke atas ramai mengikuti Perarakan Ekakristi bersama dengan para romo.(Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home