Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:16 WIB | Sabtu, 09 Agustus 2014

Pesepak Bola Putri Finlandia Kagumi Pirlo

Sini Laiksonen (kaus putih, paling kanan) saat mencetak gol FInlandia ke gawang Korea Utara pada Piala Dunia Putri U-20. (Foto: fifa.com).

EDMONTON, SATUHARAPAN.COM – Saat berlangsungnya Piala Dunia Putri U-20 2014 di Kanada salah satu pesepak bola putri Finlandia, Sini Laksonen mengagumi sosok gelandang Juventus dan tim nasional Italia, Andrea Pirlo. Seperti tertuang dalam laman resmi FIFA pada Jumat (8/8) menyebut Laksonen berposisi sama seperti Pirlo yakni gelandang. “Saya suka Andrea Pirlo. Dia adalah dewa lini tengah. Dia bisa melakukan apa-apa dan dia melakukannya dengan baik,” kata Laksonen.

Laksonen menyebut kepemimpinan dan kreatifitas yang ditunjukkan Andrea Pirlo patut dicontoh, karena tim yang dinahkodai oleh Pirlo pernah memenangkan beberapa gelar bergengsi di Italia. “Pirlo memiliki insting tajam, dan saya termotivasi sebagai pemain tengah untuk bisa menyamai dia,” lanjut Laksonen.

Laksonen pada Piala Dunia Putri U-20 telah menyumbang satu gol bagi Finlandia pada pertandingan Grup A, sayang sekali gol Laksonen tidak cukup membuat para pemain Finlandia gembira karena Pesepak bola putri Korea Utara (Korut) mengalahkan mereka dengan skor 2-1 pada partai  yang berlangsung Rabu (6/8) dini hari WIB di Stadion Nasional Toronto, Kanada. Negara-negara yang menghuni Grup A antara lain Kanada, Korut, Finlandia, dan Ghana.

Peluang tim putri U-20 Finlandia

Menghadapi Kanada dan Finlandia pada partai berikutnya di penyisihan grup, Laksonen mengatakan mereka harus memenuhi target kemenangan.

“Kami terkejut Korea Utara memiliki kualitas yang tidak kami kira sehingga kami kalah. Tetapi tim kami sangat kuat secara mental dan kami siap untuk memenuhi setiap tantangan yang kita hadapi,” kata pemain yang bersepak bola bersama klub putri di Liga Sepak Bola Profesional Finlandia, TPS Turku.

Pesepak bola putri berusia 19 tahun ini juga termasuk salah satu skuad yang membantu Finlandia pada Kejuaraan Sepak Bola Piala Eropa Putri usia di bawha 19 tahun (U-19) yang berlangsung di Norwegia akhir tahun lalu.  "Kita harus berkumpul kembali setelah kekalahan ini karena kami masih punya peluang lolos," lanjut Laaksonen.

"Kita juga perlu mencetak lebih banyak gol. Selain itu, saya pikir segala sesuatu yang lain cukup bagus melawan Korea Utara,” lanjut pesepak bola berusia 19 tahun ini.

Komentar berbeda dikemukakan pelatih Finlandia, Marianne Miettinen yang menyebut bahwa mereka dikalahkan oleh negara besar. “Kami tidak heran karena kami kalah oleh mantan juara dunia, dan kualitas Korea Utara masih terjaga,” kata Miettinen.

Korea Utara tercatat dalam laman resmi FIFA satu kali tampil sebagai pemenang Piala Dunia Putri U-20 pada 2006, dua negara lain yang sering tampil sebagai juara adalah Amerika Serikat dan Jerman sebanyak tiga kali. (fifa.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home