Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:21 WIB | Selasa, 11 September 2018

Peserta Kirab Pemuda Ciptakan Teori Penyaring Limbah

Ilustrasi. Peserta Pemuda Inspiratif pada Kirab Pemuda 2018 yang berlangsung di Lhokseumawe, Aceh. (Foto:Antaranwes.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Peserta Kirab Pemuda, Cut Mirna, menciptakan teori penyaring limbah ramah lingkungan pada kegiatan Pemuda Inspiratif 2018.

Berdasarkan keterangan tertulis diterima Antara di Jakarta, Senin (10/9), dewan juri memutuskan Cut Mirna sebagai pemenang dengan karya ilmiah bertemakan "Filterisasi Limbah Rumah Tangga Ramah Lingkungan".

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kota Lhokseumawe Zulkifli berharap, karya ilmiah Cut Mirna bisa bersaing pada kompetisi tingkat nasional.

"Pemenang diharapkan dapat mengembangankan inovasinya sehingga bisa menjadi terbaik pada kompetisi nasional," kata Zulkifli.

Sementara itu, Cut Mirna mengaku, terinspirasi cairan sabun dari sisa mencuci yang kotor dan berbakteri.

Saat itu, Cut Mirna melihat warga mencuci pakaian di parit yang terdapat banyak sampah plastik, sehingga terpikirkan untuk membuat saluran air bersih.

Selanjutnya, Cut Mirna berpikir menciptakan saringan (filterisasi) air, dengan bahan dan perkakas sederhana seperti rangka besi, pipa, wadah penampungan air, batu gamping, dan ijuk.

"Ide itu dapat dilaksanakan selama enam bulan," kata Cut Mirna.

Kegiatan Pemuda Inspiratif merupakan rangkaian agenda Kirab Pemuda yang berlangsung pada 34 provinsi di Indonesia. Pemenang Pemuda Inspiratif itu akan bersaing pada tingkat nasional yang digelar di Banten. (Antaranews.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home