Loading...
SAINS
Penulis: Prasasta Widiadi 20:00 WIB | Rabu, 17 September 2014

Peta Tata Ruang akan Tersedia di Telepon Pintar

Peta Tata Ruang akan Tersedia di Telepon Pintar
Gamal Sinurat (kiri), Kepala Dinas Tata Ruang Provinsi DKI Jakarta, Erno Wijayanto (kanan), dosen pembimbing para mahasiswa Universitas Jember. (Foto-foto: Prasasta Widiadi).
Peta Tata Ruang akan Tersedia di Telepon Pintar
Gamal Sinurat, Erno Wijayanto, dan Basuki Tjahaja Purnama berfoto bersama para mahasiswa dan mahasiswi Universitas Jember.
Peta Tata Ruang akan Tersedia di Telepon Pintar
Basuki Tjahaja Purnama menjadi satu dengan para mahasiswa dan mahasiswi Universitas Jember.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Tata Ruang saat ini masih merancang seluruh peta navigasi yang ada terkait peta-peta lokasi penting agar dapat dinikmati di telepon pintar (smartphone).

Hal ini dikemukakan Wakil Gubernur DKI Jakarta, di hadapan para mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Jember yang sedang melakoni studi Tata Ruang kepada Pemprov DKI Jakarta, di Balai Agung, Kantor Gubernur DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (17/9).

“Nanti di masa depan kita akan coba untuk memudahkan adek-adek (mahasiswa Universitas Jember) sekalian, agar tidak perlu bersusah-susah ke Jakarta, karena untuk menelusuri Jakarta itu susah, nah, makanya Dinas Tata Ruang masih merancang bagaimana agar Pemprov DKI punya peta yang dapat dibuka di internet, bahkan lebih mudah dan simpel lagi aplikasi itu bisa dibuka di aplikasi software adek-adek sekalian,” kata Basuki.

Basuki beralasan demikian karena teknologi untuk mengunduh data saat ini di Jakarta hampir sebagian besar dilakukan lewat telepon pintar (smartphone).

“Orang jakarta sekarang ini kalau mau mengakses semuanya butuh kemudahan, nah kendalanya adalah gambar-gambar itu ukuran file terlalu besar sehingga sulit untuk dimasukkan,” tambah Basuki.

Dalam kesempatan yang sama Gamal Sinurat, Kepala Dinas Tata Ruang Provinsi DKI Jakarta menambahkan bahwa saat ini kendala yang dihadapi pihaknya antara lain peta-peta perencanaan seperti peta pengembangan moda transportasi, peta bakal daerah reklamasi pantai, peta kanal banjir barat dan timur semuanya tersedia dalam file berukuran besar.

“Kalau ukuran file melebihi kapasitas, yang kami takutkan adalah file tersebut sulit diakses, dan memperlambat kerja smartphone,” kata Gamal.

Kedatangan para mahasiswa Universitas Jember sebanyak 57 mahasiswa dipandu oleh dosen pembimbing mereka, Erno Wijayanto dan mereka tidak hanya menerima pemaparan dari Gamal Sinurat, setelah itu mereka berkesempatan naik ke ruang perencanaan di lantai 3, Gedung Pemprov DKI, Blok G. Di sana tersedia maket perencanaan tata ruang jakarta yang meliputi, perencanaan reklamasi pantai, moda transportasi, dan pencegahan banjir.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home