Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 19:54 WIB | Jumat, 15 November 2019

Petualang Rusia Akan Kelilingi Dunia dengan Pesawat Tenaga Surya

Petualang asal Rusia Fedor Konyukhov (kanan) berbicara dengan seorang anggota tim pendukung menjelang penerbangan solo keliling dunianya menggunakan balon udara di dekat Northam, 96 kilometer timur laut Perth, Australia Barat, pada 12 Juli 2016. (Foto: Xinhua/EPA)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Petualang veteran asal Rusia Fedor Konyukhov (67) berencana melakukan penerbangan tanpa henti mengelilingi dunia dengan pesawat bertenaga surya dalam dua tahun ke depan, demikian disampaikan kantor berita TASS pada Kamis (14/11).

"Kami telah menjadwalkan penerbangan pada 2020 atau 2021 mendatang," sebut TASS mengutip pernyataan Konyukhov.

Proyek yang diberi nama Albatross tersebut membutuhkan sebuah pesawat terbang dengan generator listrik dan panel surya sebagai sumber energi, ungkap situs web sang penjelajah.

Perusahaan teknologi Rusia, ROTEC, telah mengimplementasikan proyek tersebut.

Pembuatan pesawat itu dimulai pada paruh kedua tahun ini dan diperkirakan akan selesai dalam 20 hingga 24 bulan, lanjut situs web tersebut.

Rute penerbangan diperkirakan akan menempuh jarak sekitar 35.000 km, dengan 80 persen melintas di atas perairan samudra Pasifik, Atlantik, dan Hindia.

Konyukhov telah beberapa kali mengelilingi dunia menggunakan berbagai alat transportasi, termasuk balon udara, dan dia merupakan orang Rusia pertama yang mengunjungi tujuh puncak tertinggi dunia serta Kutub Selatan dan Kutub Utara. (Xinhua)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home