Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:42 WIB | Rabu, 30 Juli 2014

Petugas Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan di Suramadu

Kebakaran lahan gambut terjadi di akses Jembatan Suramadu. (Foto: Antara)

BANGKALAN, SATUHARAPAN.COM ‒ Petugas pemadam kebakaran dibantu polisi dan TNI serta masyarakat berhasil memadamkan kebakaran lahan gambut di akses Jembatan Suramadu, sisi Madura.

"Kejadiannya tadi siang dan petugas sudah berhasil memadamkan kobaran api," kata Kapolres Bangkalan AKBP Sulistijono, Rabu (30/7) sore. Lokasi kebakaran di Desa Pangpong, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. 

Kejadian ini menyebabkan para pemudik yang melintas di jalur mudik akses tol Jembatan Suramadu terganggu, karena asap dari kebakaran lahan itu menyebabkan mata perih.

Jarak pandang terhalang, dan asap menyelimuti akses tol Jembatan Suramadu. Asap dari kebakaran lahan ini juga menyebabkan mata perih.

Cuaca panas yang disertai angin kencang membuat kobaran semakin parah hingga membakar sebagian pohon jati yang terletak tidak jauh dari lokasi kebakaran itu juga hangus terbakar.

"Saat itu kan ada petugas di pos pelayanan Lebaran di sekitar akses tol Jembatan Suramadu, jadi kejadian itu segera teratasi," tutur kapolres.

Kebakaran lahan gambut di sekitar akses Jembatan Suramadu ini sempat membuat para pedagang kaki lima yang berjualan di sepanjang akses tol Jembatan Suramadu sisi Madura panik.

Para pedagang ini khawatir kobaran api melalap kios miliknya, karena lokasinya tidak terlalu jauh, apalagi tiupan angin sangat kecang.

"Untungnya petugas pemadam kebakaran segera datang. Kalau tidak entah bagaimana nasib dagangan kami ini," kata salah seorang PKL yang berjualan di sekitar akses tol Jembatan Suramadu ini, Ali Fikri. 

Belum diketahui penyebab kebakaran lahan gambut di sekitar akses tol Jembatan Suramadu ini, namun banyak orang memperkirakan karena memang ada oknum warga yang sengaja melakukan pembakaran.

"Atau bisa jadi ada puntung rokok yang jatuh, lalu menyebabkan terjadinya kebakaran. Sekarang kan lagi kemarau dan semua rumput juga mengering. Jadi mudah terbakar," kata warga lain, Supandi.(Ant)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home