Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 13:59 WIB | Senin, 24 Februari 2014

Pianis dan Korban Tertua Holocaust Meninggal di Usia 110 Tahun

Alice Herz-Sommer. (Foto: Ist)

LONDON, SATUHARAPAN.COM -  Korban selamat holocaust, tragedi genosida pada masa  Perang Dunia II, dan merupakan korban tertua, meninggal dunia dalam usia 110 tahun, kata keluarganya mengumumkan, hari Minggu (23/2).

Alice Herz-Sommer, adalah pianis dan figure yang ditampilkan dalam film dokumenter yang masuk nominasi untuk memperoleh Piala Oscar.

Dia berasal dari Praha, Cekoslovakia, dan  menjalani dua tahun  selama Perang Dunia II di  kamp konsentrasi di Terezin, Cekoslovakia. Di kamp itu dia menghibur para tahanan dengan memainkan piano.

Cucunya, Ariel Sommer, menjelaskan, "Alice Sommer meninggal dengan damai hari ini bersama keluarganya di samping tempat tidurnya. Banyak yang telah ditulis tentang dirinya, tetapi bagi kami yang tahu hal yang terbaik, dia adalah “Gigi” kekasih kami.”

"Dia mengasihi kami, tertawa bersama kami, dan bermain musik yang kami hargai. Dia adalah inspirasi dan dunia kita akan secara signifikan lebih miskin tanpa dia di samping kami. Kami berduka kehilangan dan meminta privasi di saat yang sangat sulit ini,” kata dia menambahkan.

Herz-Sommer adalah teman keluarga penulis eksistensialis, Franz Kafka, adalah ditampilkan dalam  film dokumenter "The Lady In Nomor 6: Music Save My Life."

Film berdurasi 38 menit itu menggambarkan dia berbagi kisah hidupnya dan menggambarkan pentingnya musik dan tawa untuk hidup bahagia. Ini adalah untuk film dokumenter pendek terbaik pada yang  Academy Awards.

Dalam tragedi holocaust, Sekitar 140.000 orang Yahudi dikirim ke kamp Terezin , dan sebanyak 33.430 di antara mereka meninggal.

Melihat Hal Baik

Herz - Sommer berasal dari keluarga musik Moravian. Suaminya, Leopold Sommer, juga seorang musisi, dan mereka menikah pada tahun 1931. Pasangan ini dan anak mereka, Raphael , dikirim dari Praha pada tahun 1943 ke kamp di kota Ceko Terezín (Theresienstadt dalam bahasa Jerman).

Di sana tahanan diizinkan untuk menggelar konser, dan Alice sering membintangi. Namun dia tidak pernah melihat lagi suaminya setelah ia dipindahkan ke Auschwitz pada tahun 1944 dan banyak orang dari keluarga besarnya dan sebagian besar teman-teman juga hilang dalam Holocaust.

Setelah perang, dia pergi ke Israel pada tahun 1949 dengan adik-adiknya dan mengajar musik di Tel Aviv, sebelum pindah ke London atas desakan anaknya. Anaknya dibesarkan untuk menjadi pemain cello pada konser,  tapi meninggal mendadak pada tahun 2001 saat tur.

Dalam sebuah wawancara 2006 dengan The Guardian, ketika Alice tinggal sendirian, dia menunjukkan terus berlatih piano selama tiga jam sehari.

Tentang kamp konsentrasi , dia berkata, "Orang-orang bertanya, Bagaimana Anda bisa memainkan  musik? Kami sangat lemah. Tapi musik adalah hal khusus, seperti mantra, saya akan mengatakan. Saya menampilkan lebih dari 150 konser di sana. Ada musisi yang sangat baik di sana, benar-benar bagus. Pemain biola, pemain cello, penyanyi, konduktor dan komposer."

Ketika ditanya apakah ia pernah berpikir tentang mengapa dia selamat, dia menjawab, “Temperamen saya  optimistic dan disiplin tepat waktu…” Dia juga mengatakan,  "Saya mencari hal-hal baik dalam hidup, saya tahu tentang hal-hal yang buruk, tapi saya melihat hanya untuk hal-hal yang baik.”

"Dunia ini indah, itu penuh dengan keindahan dan penuh keajaiban. Otak kita, memori , bagaimana cara kerjanya? Tidak untuk berbicara tentang seni dan musik ... Ini adalah keajaiban,” kata dia. (theguardian.com /AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home