Google+
Loading...
INSPIRASI
Penulis: Bayu Wibi 07:19 WIB | Senin, 07 Agustus 2017

PIANO (Peace In A NatiOnality)

Lalu apa gunanya mempertajam perbedaan jika pada akhirnya hanya memecahkan persatuan?
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Hitam dan putih adalah warna yang sangat berbeda. Memang berbeda, tetapi mengapa harus mencari sebuah perbedaan? Bukankah perbedaan adalah bagian dari persatuan? Bagaimana ada persatuan jika tidak ada perbedaan? Persatuan muncul karena adanya sebuah harmonisasi dari perbedaan, termasuk hitam dan putih.

Mari kita belajar dari tuts-tuts piano! Mereka terdiri atas dua warna: hitam dan putih. Dua kombinasi warna yang bersatu. Bagaimana bisa tercipta nada-nada yang indah pada piano jika hanya tersisa tuts putih saja? Dan bagaimana jika hanya ada tuts hitam? Bukan nada-nada yang indah dari hitam dan putih menciptakan harmonisasi nada yang indah? Lalu apa gunanya mempertajam perbedaan jika pada akhirnya hanya memecahkan persatuan? Buat apa mempertajam perbedaan jika akhirnya hanya akan membuat jurang tanpa jembatan? Memang berbeda, tetapi satu.

Lalu bagaimanakah dengan hidup kita? Apakah kerap kali kita mempertajam perbedaan dan memecahkan persatuan? Ingatlah bahwa perbedaan bukanlah alat perdebatan yang bisa dipakai merusak persatuan!

Mari belajar dari piano, meskipun tuts nya berbeda, tetapi bisa menciptakan melodi persatuan yang indah jika dimainkan oleh pemusik yang tepat. Dan kitalah seharusnya Sang Pemusik itu, yang tidak sembarangan memainkannya, tetapi menciptakan sebuah harmoni.

Perbedaan itu indah. Mari kita membawa pesan damai, mempererat persatuan, menjunjung perbedaan, dan menjaga kesatuan Indonesia!

Soli Deo Gloria!

Editor : Yoel M Indrasmoro

Back to Home