Loading...
BUDAYA
Penulis: Kartika Virgianti 05:42 WIB | Senin, 02 September 2013

Pidato Gaya Betawi Jokowi: Menjunjung Kepatutan Luhur Masyarakat Betawi

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Joko Widodo, membacakan sambutannya dalam acara Lebaran Betawi 1434 H, Minggu (1/9), di lapangan silang monas. (Foto: Kartika Virgianti)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta yang akrab dipanggil Jokowi memberikan sambutan yang unik pada Lebaran Betawi, Minggu (1/9). Sesekali membuat warga Jakarta terhibur mendengarnya. Dengan membaca teks pidatonya, ia mencoba membawakannya ala Betawi, namun dengan tetap menggunakan logat khas Jawa-nya yang ‘medok’.

“Dalam pandangan saya hakikat Lebaran Betawi ialah silahturahim masyarakat Jakarta yang menjunjung kepatutan luhur masyarakat Betawi, yang saban ngerayain lebaran selalu repot, rame, ngrempug,” kata Jokowi.

“Silahturahim bukan cuman yang mudaan datengin yang tuaan, atau sama semua orang yang belum sempet silahturahim lantaran sibuk sama urusan masing-masing.”

“Keluar ketawa kalo peribahasa kate Betawi, saya wali ketemu bekep lewat pejabat pemprov DKI Jakarta untuk ketemu muka, ngejalanin dan menyerap kemauan dan pengharapan masyarakat. Saya kira lantaran Lebaran Betawi dapat sambutan hangat warga Jakarta.”

“Sebagai Gubernur Provinsi DKI Jakarta, saye mau pesen, nyok kite rawat dan jaga dan budi baik dalam budaya masyarakat Betawi. Masyarakat dan pemerintah butuh ngeraup manfaat upaya saling paham tugas dan peran masing-masing.”

“Lebaran Betawi yang diadain saban tahun butuh munasabah, buat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Lebaran Betawi butuh dijadiin tempat belajar bagi generasi muda dan siapa aja yang pengen tau dan ningkatin apresiasi dan seni budaya betawi.”

Sambutannya diakhiri dengan ucapan terima kasihnya kepada para tokoh masyarakat dan seluruh warga Jakarta, pejabat, berbagai komunitas, sampai kepada panitia penyelenggara dan pendukung acara tersebut.

“Kupas kelapa jangan dibelah, kalo dibelah tumpah airnye, kalo ada kata yang salah mohon kiranya maapin aye.” tutup Jokowi seraya berpantun. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home