Loading...
RELIGI
Penulis: Sotyati 17:08 WIB | Selasa, 08 April 2014

Pistol yang Digunakan Membunuh Paus Dipamerkan

Pistol yang Digunakan Membunuh Paus Dipamerkan
Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Mehmet Ali Agca, yang mencoba membunuhnya, di penjara. (Foto: tempi.it)
Pistol yang Digunakan Membunuh Paus Dipamerkan
Pistol Browning 9mm yang dipakai Mehmet Ali Agca dalam upaya pembunuhan Paus Yohanes Paulus II yang gagal dipamerkan di 7 Koscielna Street Wadowice, Polandia. (Foto: Reuters)

WADOWICE, SATUHARAPAN.COM - Pistol yang digunakan dalam upaya pembunuhan Paus Yohanes Paulus II dipamerkan pada Senin (7/4) sebagai bagian dari pameran di rumah masa kecil calon santo itu di Polandia.

Mendiang paus, yang memiliki nama asli Karol Wojtyla, akan dikanonisasi pada 27 April. Ia lahir di sebuah rumah yang menghadap basilika di Kota Wadowice, Polandia selatan. Tempat itu kini dijadikan sebuah museum dan situs ziarah.

Kementerian kehakiman Italia meminjamkan pistol Browning 9mm yang digunakan dalam percobaan pembunuhannya ke museum itu selama tiga tahun.

Yohanes Paulus II nyaris tewas ketika ekstremis Turki, Mehmet Ali Agca, menembak bagian perut dan nyaris mengenai jantungnya dari jarak dekat pada 1981 di Lapangan Santo Petrus.

Pameran multimedia di 7 Koscielna Street itu juga memamerkan baju-baju dan foto keluarga milik sang paus, yang meninggal pada 2005 setelah 27 tahun masa kepausannya. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home