Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 11:01 WIB | Selasa, 30 September 2014

PLO: Pidato Netanyahu di PBB Manipulasi Fakta

Juru Bicara PLO, Hanan Ashrawi. (Foto: wikipedia.org)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Organisasi Pembebasan Palestina mengatakan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terang-terangan memanipulasi fakta-fakta ketika ia membandingkan Hamas dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS/ISIS) dalam pidatonya di PBB, Senin (29/9).

“Pidato Netanyahu di PBB adalah manipulasi fakta terang-terangan dan mencoba untuk menyesatkan hadirin melalui kombinasi bahasa kebencian, fitnah dan dalil kebingungan,” kata anggota eksekutif PLO Hanan Ashrawi dalam satu pernyataan dalam bahasa Inggris.

“Jelas Netanyahu telah kehilangan kontak dengan realitas, khususnya dalam menolak untuk mengakui fakta pendudukan itu sendiri atau tindakan tentara pendudukan Israel dalam melakukan pembantaian dan kejahatan perang,” ia menambahkan.

Berpidato di Majelis Umum PBB sebelumnya, Netanyahu membantah tuduhan kejahatan perang Israel selama ofensif Juli-Agustus di Jalur Gaza yang menewaskan 2.140 warga Palestina, kebanyakan warga sipil, dan meninggalkan daerah kantong itu dalam kehancuran.

Ia justru mengatakan bahwa Presiden Palestina Mahmud Abbas bersama-sama Hamas bersalah, yang menembakkan ribuan roket ke Israel, dan membawa pembalasan serangan udara Israel namun membunuh warga Gaza.

“Hamas menanam baterai rudal di daerah pemukiman dan mengatakan Palestina mengabaikan peringatan Israel untuk pergi,” kata Netanyahu.

“Saya katakan kepada Presiden Abbas, ini adalah kejahatan perang yang dilakukan oleh Hamas mitra Anda dalam pemerintah persatuan nasional yang Anda kepalai dan Anda yang bertanggung jawab atas itu,” katanya.

Negara Jihad Islam, dan Hamas, Netanyahu menambahkan, “berbagi kredo fanatik, yang keduanya berusaha untuk memaksakan baik di luar wilayah di bawah kontrol mereka.”

Di Gaza, juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan Netanyahu “menggambarkan Hamas dan IS sebagai dua wajah dari mata uang yang sama “meskipun” Hamas adalah gerakan pembebasan nasional, sedangkan penjajah (Israel) adalah sumber kejahatan dan sumber terorisme di dunia”.

Dalam pidatonya sendiri kepada Majelis Umum pada Jumat, Abbas berjanji untuk mencari kejahatan perang dan mengajukan penuntutan terhadap Israel atas konflik 50 hari di Gaza, yang ia disebut sebagai “perang genosida”.

Netanyahu memukul kembali pada Senin dengan hinaan atas tesis 1980 doktor Abbas yang mempertanyakan apakah enam juta orang Yahudi benar-benar tewas dalam Holocaust itu.

“Di alam semesta moral apa genosida termasuk peringatan musuh penduduk sipil untuk keluar dari bahaya?” tanyanya.

“Saya kira itu alam semesta moral yang sama saat seorang pria yang menulis sebuah disertasi kebohongan tentang Holocaust, dan yang bersikeras bahwa Palestina bebas dari Yahudi ... bisa berdiri di podium ini dan tanpa malu-malu menuduh Israel melakukan genosida dan pembersihan etnis,” katanya.

Dalam pidatonya pekan lalu kepada Majelis 193 negara, Abbas menegaskan bahwa tahun perundingan perdamaian telah gagal, menekankan bahwa Israel terus maju dengan pemukiman dan mempertahankan blokade Gaza meski ada janji formal perdamaian.

Putaran terakhir pembicaraan Israel-Palestina, didorong oleh Menlu AS John Kerry, runtuh pada April di tengah saling tuduh pahit di kedua sisi. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home