Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:50 WIB | Senin, 09 November 2020

PM Ethiopia Copot Panglima di Tengah Operasi Militeri di Wilayah Tigray

Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed. (Foto: dok. Reuters)

ADIS ABABA, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed, mecopot panglima militernya pada hari Minggu (8/11), karena laporan tentang tentara yang terluka terus meningkat dalam konflik lima hari di wilayah Tigray, wilayah utara negara itu.

Wakil panglima militer, Berhanu Jula, akan mengambil alih Pasukan Pertahanan Nasional Ethiopia, kata sebuah pernyataan dari kantor Abiy mengatakan, tanpa memberikan alasan atau merinci nasib pendahulu Berhanu, Jenderal Adem Mohammed.

Pengumuman itu muncul ketika seorang pejabat medis mengatakan bahwa hampir 100 tentara pemerintah telah dirawat, karena luka tembak di sebuah rumah sakit di wilayah utara Amhara, indikasi terbaru bahwa pertempuran semakin sengit.

Abiy dan para pemimpin militer telah memuji keberhasilan tentara Ethiopia melawan pasukan yang setia kepada partai yang berkuasa di Tigray, tetapi pemadaman komunikasi di wilayah tersebut telah membuat akun mereka sulit untuk diverifikasi.

Di jalan-jalan di bagian utara wilayah Amhara di Ethiopia, ambulans sering terlihat membawa para pejuang yang terluka ke rumah sakit.

Di kota Sanja, 98 tentara pemerintah telah dirawat karena cedera akibat "tembakan", kata seorang dokter kepada AFP. "Kami memiliki 98 kasus. Semuanya adalah tentara dari tentara nasional," kata dokter itu, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Dia mengatakan tidak ada korban jiwa di rumah sakit tersebut, tetapi mencatat kasus yang lebih serius telah dibawa ke rumah sakit yang lebih besar di kota Gondar dan tempat lain.

Khawatir Perang Saudara

Laporan tentara tewas dan terluka telah meningkat dalam beberapa hari terakhir di Amhara, di mana seorang pekerja bantuan kemanusiaan mengatakan tiga tewas dan 35 dirawat pada hari Sabtu (7/11). Pada hari Jumat (6/11), 105 orang dilaporkan terluka dan lima tewas di wilayah tersebut.

Mereka bertepatan dengan meningkatnya ketakutan akan perang saudara setelah Abiy, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian tahun lalu, pada Rabu (4/11) mengirim pasukan federal dan pesawat ke Tigray dalam eskalasi besar dari perseteruan yang telah lama berjalan.

Pencopotan komandan militer pada hari Minggu juga terkait pengangkatan baru untuk wakil kepala militer, menteri luar negeri, dan komisaris polisi federal, sementara Presiden Amhara dipindahkan menjadi kepala dinas intelijen Ethiopia. Namun tidak ada penjelasan tentang alasan untuk perubahan tersebut.

Serangan Udara

Abiy memerintahkan serangan udara terhadap aset militer di ibu kota daerah Tigrayan, Mekele, pekan lalu, sementara memperingatkan lebih banyak lagi akan segera terjadi dan mendesak warga sipil untuk menghindari pertemuan untuk mencegah menjadi "korban tambahan."

Sebuah pernyataan penasihat PBB yang didistribusikan Minggu pagi melaporkan "serangan udara yang sedang berlangsung di Mekele" di dekat bandar udaraa, dengan informasi terbaru yang menyebutkan "hanya ada satu serangan terdengar dan balasan serangan dari darat."

Beberapa jam sebelum dia diangkat menjadi panglima militer yang baru, sebuah laporan media pemerintah mengutip Berhanu yang mengatakan pasukan federal telah "sepenuhnya menghancurkan persenjataan berat dari klik pengkhianat", merujuk pada Tigray People's Liberation Front (TPLF), partai yang berkuasa di kawasan itu.

Berhanu juga mengatakan pasukan federal telah "sepenuhnya merebut" empat kota di Tigray barat, tempat sebagian besar pertempuran terjadi.

Tetapi sumber PBB mengatakan kepada AFP, hari Sabtu bahwa sebuah laporan keamanan internal mengatakan pasukan Tigrayan menguasai markas Komando Utara Ethiopia di Mekele.

Pangkalan utamanya adalah salah satu yang paling kuat dengan kendaraan berlapis baja di negara itu, warisan perang Ethiopia dengan tetangganya Eritrea yang berbatasan dengan wilayah Tigray.

Masalah Pengungsi

Sebuah laporan PBB hari Sabtu menyerukan "semua pihak yang bertikai, di semua tingkatan, untuk memberikan akses kemanusiaan tanpa gangguan ke penduduk yang terkena dampak" di Tigray, memperingatkan bahwa gangguan terkait konflik "berkontribusi pada memburuknya konteks kemanusiaan".

Disebutkan bahwa wilayah itu menampung 100.000 pengungsi Ethiopia, hampir 100.000 pengungsi, dan "sekitar 600.000 orang bergantung pada bantuan bantuan makanan".

Semua mengatakan hampir sembilan juta orang di dekat perbatasan Tigray berada "dalam risiko tinggi akibat konflik ini", kata laporan itu, meningkatkan kemungkinan "perpindahan besar-besaran di dalam dan di luar Ethiopia."

Anggota parlemen pada hari Sabtu memilih untuk memberhentikan para pemimpin Tigray saat ini dan mengangkat administrasi sementara.

Di ibu kota, Addis Ababa, wali kota mengumumkan pada hari Minggu bahwa 10 anggota TPLF yang merupakan pejabat tinggi kota telah ditangkap, menuduh mereka "mengkhianati rakyat" dan bekerja "untuk mengacaukan perdamaian di kota dan terlibat dalam kekejaman dan bermotif teroristik."

Wali kota, Adenech Abebe, mengatakan pejabat kota juga sedang menyelidiki "petunjuk lain", memuji penduduk kota karena menjadi "mata dan telinga kami".

Namun dalam sebuah posting Twitter hari hari Minggu, Abiy meminta warga Ethiopia untuk menghindari diskriminasi terhadap Tigrayans, yang merupakan sekitar enam persen dari 110 juta penduduk negara itu.

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa tidak ada saudara laki-laki atau perempuan Tigrayan yang menjadi korban tindakan ilegal berbasis identitas, dan tanggung jawab ini terletak pada semua orang Ethiopia," kata Abiy.

TPLF mendominasi politik di Ethiopia selama hampir tiga dekade sebelum Abiy berkuasa pada tahun 2018 yang didukung protes anti pemerintah.

Di bawah Abiy, para pemimpin Tigray mengeluh karena menjadi sasaran yang tidak adil dalam penuntutan korupsi, dicopot dari posisi puncak dan secara luas dijadikan kambing hitam atas kekacauan negara.

Perseteruan lama menjadi lebih intens setelah Tigray mengadakan pemilihannya sendiri pada bulan September, menentang pemerintah Abiy yang telah memutuskan untuk menunda pemilihan nasional karena pandemi virus corona. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home