Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:26 WIB | Kamis, 02 Oktober 2014

PM Irak: NIIS Ancaman bagi Masyarakat Internasional

Perdana Menteri Irak, Haider Al-Abadi. (Foto: dari Times.com)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi , mengatakan bahwa  kelompok yang menamakan Negara Islam Irak dan Suriah  (NIIS) mengancam masyarakat internasional, termasuk negara-negara  di wilayah itu seperti Iran.

Al-Abadi mengatakan hal itu dalam sebuah wawancara dengan BBC, hari Rabu (1/10).  "Saya meminta semua upaya internasional," kata Abadi.  "Saya mengharapakan payung internasional, saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan."

"Pesan saya kepada koalisi internasional, bahwa (NIIS) merupakan ancaman bagi Irak dan koalisi internasional dan Iran. Jadi, mari kita kita bekerja sama di Irak untuk menghhapus  ancaman ini," kata dia.

Dia juga menyoroti bahwa menyingkirkan NIIS  adalah "kepentingan bersama" untuk Iran dan negara-negara Teluk. "Ancaman itu menyerang kita semua," tegasnya.

Amerika Serikat, Inggris dan Prancis sejauh ini  terlibat upaya memukul NIIS di Irak dan juga di negara tetangganya, Suriah. Negara-negara Arab seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Yordania telah bergabung dengan koalisi yang dipimpin AS itu.

Al-Abadi mengatakan, "Kami telah menanggung ancaman ini, terlibat dalam pertempuran dan menghadapi ancaman mereka sebelumnya, saya tidak bisa menjamin 100 persen  bahwa ancaman  mereka tidak ada."

"Saya harus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi penduduk, dan negara," katanya. "Saya tidak mau mengambil risiko, saya meminta semua dukungan internasional," kata dia.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home