Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:27 WIB | Senin, 09 November 2020

PM Israel dan Presiden Palestina Sampaikan Selamat kepada Joe Biden

PM Israel dan Presiden Palestina Sampaikan Selamat kepada Joe Biden
Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe (Joseph) Biden, kiri, memberi isyarat saat dia berjalan dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, menjelang pertemuan mereka di Ramallah pada 10 Maret 2010. (Foto: dok. AP)
PM Israel dan Presiden Palestina Sampaikan Selamat kepada Joe Biden
Joe Biden dan Benyamin Netanyahu dalam satu pertemuan di tahun 2016. (Foto: dok. Reuters)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, memberi selamat kepada Joe Biden atasmemenangkan dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada hari Minggu (8/11), dan juga menyampaikan terima kasih kepada pendahulunya Donald Trump.

“Selamat @JoeBiden dan @KamalaHarris. Joe, kami telah memiliki hubungan pribadi yang panjang & hangat selama hampir 40 tahun, dan saya mengenal Anda sebagai teman baik Israel. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda berdua untuk lebih memperkuat aliansi khusus antara AS dan Israel.”

Netanyahu juga berterima kasih kepada Trump, sekutu terdekat dan politiknya, dalam tweet lanjutannya.

“Terima kasih @realDonaldTrump atas persahabatan yang telah Anda tunjukkan pada negara Israel dan saya secara pribadi, untuk mengakui Yerusalem dan Golan, untuk menghadapi Iran, untuk perjanjian perdamaian bersejarah dan untuk membawa aliansi Amerika-Israel ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.”

Hubungan dekat Netanyahu dengan Trump telah membuat beberapa orang berspekulasi bahwa dia mungkin berjuang untuk membangun hubungan yang sama dengan pemerintahan Biden di Gedung Putih.

Netanyahu memiliki hubungan yang sangat sulit dengan Presiden Barack Obama, di mana Biden menjabat sebagai wakil presiden.

Biden telah berjanji untuk terlibat kembali dengan kesepakatan nuklir Iran 2015, hal yang ditentang keras oleh Netanyahu, dan dianggap lebih cenderung mengkritik kebijakan pemukiman Israel di Tepi Barat daripada Trump.

Tanggapan Israel

Sementara tanggapan Netanyahu terhadap hasil pemilu datang hampir sehari setelah banyak pemimpin Arab memberi ucapan selamat kepada Biden, beberapa menteri Israel segera men-tweet dukungan mereka.

Menteri Kehakiman Israel, Avi Nissenkorn, anggota koalisi Netanyahu yang tergabung dalam partai sentris Biru dan Putih, dengan cepat memberi selamat kepada Biden.

“Selamat kepada Presiden terpilih AS Joe Biden! Selamat kepada Kamala Harris, perempuan pertama yang menjabat sebagai wakil presiden dan selamat kepada rakyat Amerika atas proses demokrasi yang tepat,” kata Nissenkorn di Twitter.

Pemimpin oposisi Israel, Yair Lapid, juga menyampaikan ucapan selamatnya kepada presiden dari Partai Demokrat di Twitter. “Hubungan antara negara kita didasarkan pada nilai-nilai yang dipegang teguh dan kepentingan bersama yang kritis yang saya tahu akan menjadi jantung pemerintahan Anda,” tulis Lapid.

Tanggapan Palestina

Seperti Netanyahu, pemimpin Otoritas Nasional Palestina, Mahmoud Abbas, juga tidak segera berkomentar tentang pemilihan tersebut. "Saya mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Joe Biden atas kemenangannya sebagai Presiden Amerika Serikat untuk periode yang akan datang," kata Abbas dalam sebuah pernyataan.

“Saya berharap dapat bekerja dengan Presiden terpilih dan pemerintahannya untuk memperkuat hubungan Palestina-Amerika dan untuk mencapai kebebasan, kemerdekaan, keadilan dan martabat bagi rakyat kami, serta bekerja untuk perdamaian, stabilitas dan keamanan untuk semua di wilayah dan dunia,” tambahnya.

Biden telah berjanji untuk memulihkan bantuan ekonomi kepada Palestina dan membuka kembali kantor Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Washington DC, tindakan yang membalikkan langkah-langkah yang diambil oleh pemerintahan Presiden AS, Donald Trump.

"Kami akan mengambil langkah segera untuk memulihkan bantuan ekonomi dan kemanusiaan kepada rakyat Palestina, mengatasi krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di Gaza, membuka kembali konsulat AS di Yerusalem Timur, dan bekerja untuk membuka kembali misi PLO di Washington," kata juru bicara Biden, Kamala Harris, pekan lalu dalam sebuah wawancara dengan The Arab American.

Pemerintah Abbas memutuskan hubungan dengan pemerintahan Trump setelah keputusan AS untuk memindahkan kedutaannya ke kota Yerusalem yang disengketakan.

Warga Palestina lainnya mengungkapkan perasaan campur aduk pada pemilihan Biden. "Kami tidak mengharapkan transformasi ajaib, tetapi setidaknya kami mengharapkan kebijakan merusak yang berbahaya dari Trump akan berhenti total," kata Hanan Ashrawi, seorang negosiator senior dan anggota Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

“Sudah waktunya untuk mengubah arah,” tambahnya. "Mereka harus mengubah arah dan menangani pertanyaan Palestina atas dasar legalitas, persamaan dan keadilan dan bukan atas dasar menanggapi kepentingan khusus dari lobi pro-Israel atau apa pun."

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home