Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 19:37 WIB | Selasa, 16 September 2014

Polisi Arab Saudi Gerebek Persekutuan Doa Kristen

Setidaknya 3,5 juta orang Kristen hidup di kawasan Teluk Arab, sebagian besar pekerja Katolik dari India dan Filipina.
Ilustrasi persekutuan doa di antara warga India. (Foto: engagemagazine.com)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM – Polisi Islam di Arab Saudi telah menyerang sebuah pertemuan doa Kristen dan menangkap seluruh jemaatnya, termasuk perempuan dan anak-anak, dan menyita Alkitab mereka, telah dilaporkan.

Serangan itu adalah insiden terbaru dari tindakan keras pada minoritas agama di Arab Saudi oleh Komisi untuk Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan.

Dalam laporan tersebut dikatakan bahwa 28 orang Kristen beribadah di rumah seorang warga negara India di timur kota Khafji, ketika polisi memasuki gedung dan membawa mereka ke tahanan. Mereka belum terlihat dan terdengar lagi sejak itu. Ini meningkatkan kekhawatiran di antara kelompok-kelompok hak asasi manusia untuk keberadaan mereka.

Nina Shea, direktur Hudson Institute Center for Religious, mengatakan kepada FoxNews.com, “Arab Saudi meneruskan pembersihan agama menjadi kebijakan resmi.” Ia melanjutkan, “Ini adalah satu-satunya negara di dunia dengan kebijakan resmi melarang semua gereja.”

"Ini diberlakukan meskipun ada lebih dari dua juta pekerja asing Kristen di negara itu. Mereka yang menjadi korban biasanya miskin, dari negara-negara Asia dan Afrika dengan pemerintah yang lemah.”

Aktivis sekarang menyerukan Amerika Serikat untuk menggunakan pengaruh yang cukup besar di wilayah ini untuk membantu membebaskan orang-orang Kristen dari penjara.

Seorang juru bicara untuk pemerintah Saudi mengaku tidak punya informasi tentang penangkapan itu, menurut Fox News.

Namun surat kabar berbahasa Inggris, The Saudi Gazette, serta beberapa media Saudi berbahasa Arab, telah melaporkan pada penangkapan. Penangkapan diduga pada Jumat (5/9).

Saluran berita berbahasa Arab, Akhbar 24, mengatakan penahanan itu dilakukan setelah polisi agama Kerajaan mendapat informasi tentang sebuah gereja rumahan.

Laporan tersebut juga melaporkan bahwa Alkitab ditemukan dan alat musik, mencatat rujukan ke lembaga yurisdiksi.

Setidaknya 3,5 juta orang Kristen hidup di kawasan Teluk Arab, sebagian besar pekerja Katolik dari India dan Filipina.

Di Arab Saudi, tempat kelahiran Islam, hal itu bertentangan dengan hukum bagi umat Islam untuk meninggalkan iman mereka. Proselytising untuk agama-agama lain atau mempraktikkan agama itu secara terbuka juga ilegal.

Hakim memiliki kelonggaran yang cukup besar untuk menafsirkan hukum Syariah dan tidak terikat dengan pedoman tertentu atau sistem preseden. Hukuman denda dan fisik adalah legal.

Tahun lalu Raja Abdullah, yang telah mempromosikan reformasi terbatas sejak naik takhta pada tahun 2005, membuka pusat untuk dialog agama di Wina yang menarik kritik karena kurangnya kebebasan beragama di Arab Saudi. Pada 2008 ia mensponsori konferensi antaragama di Spanyol. (dailymail.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home