Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 18:52 WIB | Selasa, 29 September 2015

Pondok-pondok Cantik di Hari Raya Sukkot

Pondok Daun. (Foto: allgreatpictures.com)

SATUHARAPAN.COM – Umat Yahudi pada akhir September hingga awal November ini merayakan Hari Raya Sukkot—disebut juga Hari Raya Tabernakel atau Hari Raya Pondok Daun—untuk mengenang peristiwa keluarnya umat Israel kuno dari Mesir ke tanah Kanaan.

   Baca juga:

Hari raya Pondok Daun yang diawali dengan Tahun Baru Yahudi (Rosh Hashanah) yang tahun ini jatuh pada 13 September dengan merenungkan dosa-dosa yang dibuat sepanjang tahun dan sepuluh hari kemudian merayakan pertobatan mereka dalam Hari Raya Perdamaian (Yom Kippur) . Dan lima hari kemudian mereka merayakan hasil panen selama tujuh hari melewati bulan purnama dalam Hari Raya Pondok Daun.

Setiap keluarga Yahudi membangun sebuah pondok berdinding tiga dan memiliki atap yang terbuat dari ranting palem dan dedaunan. Pondok-pondok tersebut disiapkan untuk menyambut tujuh tamu mistis, yaitu Abraham, Ishak, Yakub, Musa, Harun, Yusuf, dan Daud yang dipercaya akan datang ke pondok yang dibuat itu selama festival tersebut berlangsung. Kitab Yohanes 7 dicatat Yesus datang ke Yerusalem pada saat perayaan Pondok Daun. Sebab, pada masa masih ada Bait Allah, laki-laki Yahudi di radius 20 km dari Yerusalem wajib datang ke Bait Allah untuk merayakan Paskah, Pentakosta (Shavuot), dan Tabernakel.

Mereka sering makan atau bahkan tidur di dalam sukkot mereka, yang bisa terbuat dari pondok kayu sederhana dengan atap jerami sampai pondok yang bagus dihiasi dengan lampu-lampu, kain halus, buah segar, dan bunga beraroma manis.

Secara tradisional, pondok-pondok tersebut dibangun di luar ruangan. Bangunan ditutupi dengan sechach, atau tanaman seperti cabang cemara, alang-alang, atau batang jagung. Sukkot dirayakan selama sepekan dimulai dari Minggu. Tahun ini jatuh pada 27 September hingga 4 Oktober mendatang. Yang menarik, pada tahun ini Sukkot berbarengan dengan gerhana bulan super—kadang disebut sebagai Bulan Darah karena berwarna kemerahan—yang dihubung-hubungkan dengan kiamat. Mereka yang merayakan mengunggah foto-foto pondok-pondok cantik mereka. Selamat menikmati.

 

Morning breeze in the #Sukkah. חג שמח!

Video kiriman @sharonroseg pada

 

Chag Sameach! #sukkot #Jewish #losangeles #livingthedream #chagsameach #sukkotshalom

Foto kiriman Michael Pershes (@mr.pershes) pada

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home