Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 12:56 WIB | Senin, 29 Juni 2015

Populasi Yahudi di Dunia Naik Pesat Nyaris Samai Era Pra Holocaust

Dalam foto 6 Mei 2014 ini, warga Israel menyaksikan pertunjukan udara dalam peringatan hari Kemerdekaan Israel di tel Aviv. Populasi Yahudi di seluruh dunia tumbuh pesat menyamai era sebelum Holocaust, menurut sebuah laporan.

JERUSALEM, SATUHARAPAN.COM - Populasi orang-orang yang mengaku sebagai bangsa Israel atau Yahudi di seluruh dunia meningkat pesat dan kini sudah hampir sama besar dengan jumlah di era sebelum Holocaust, menurut sebuah lembaga tangki pemikir Israel dalam laporan tahunannya yang dilansir pada Minggu (28/6).

The Jewish People Policy Institute, lembaga itu, mengatakan saat ini ada 14,2 juta Yahudi di seluruh dunia, hanya berselisih sedikit lagi dengan jumlah Yahudi di era sebelum Holocaust yang mendekati 16,5 juta. Di zaman Nazi ketika terjadi peristiwa Holocaust, sekitar 6 juta jiwa Yahudi terbunuh oleh Nazi.

Sebagaimana dilaporkan oleh dailyjournal.net, salah satu faktor yang membuat jumlah orang Yahudi bertambah pesat adalah pertumbuhan alami penduduk Yahudi di Israel. Penduduk Yahudi di Israel kini mencapai 6,1 juta jiwa dan pertumbuhan penduduk Yahudi di Israel merupakan salah satu yang tertinggi di antara negara-negara Barat.

Namun disamping oleh pertumbuhan alami penduduk Yahudi, meningkatnya jumlah warga Yahudi di dunia dipicu oleh
"perubahan pola identifikasi Yahudi." Dikatakan bahwa 59 persen dari anak-anak dewasa di AS yang hanya memiliki salah satu orang tua Yahudi sekarang mengidentifikasi diri sebagai Yahudi.

Avinoam Bar-Yosef, presiden lembaga tersebut, mengatakan semakin banyak orang mengaku diri sebagai orang Yahudi kemungkinan karena menjadi Yahudi lebih terhormat di AS dari pada masa-masa sebelumnya. Dia juga mengatakan Birthright-Israel, yang mengorganisasikan perjalanan pendidikan ke Israel untuk orang-orang muda Yahudi, juga turut memberi kontribusi.

Perhitungan populasi Yahudi ini  menggabungkan jumlah orang Yahudi di seluruh dunia, termasuk setidaknya satu juta orang Yahudi sekuler yang cenderung dihubungkan dengan kehidupan atau lembaga Yahudi. Dan itu mencakup sekitar 350 ribu orang Israel yang beremigrasi dari bekas Uni Soviet dan tidak dianggap Yahudi di Israel.

The Pew Research Center, yang menghitung populasi Yahudi dengan hanya mengikutkan orang-orang yang mengidentifikasi diri Yahudi, memproyeksikan jumlah Yahudi baru akan mencapai 16 juta pada tahun 2050.

Amerika Serikat memiliki populasi Yahudi terbesar kedua di dunia, sebesar 5,7 juta. Prancis berada di tempat ketiga dengan sekitar 475.000 orang Yahudi, diikuti oleh Kanada.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home