Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 11:56 WIB | Sabtu, 02 Agustus 2014

Potongan-potongan Tubuh Korban Jatuhnya MH17 Ditemukan

Tentara Ukraina mengawal konvoi Tim OSCE menuju lokasi jatuhnya MH17, di check point di Desa Debaltseve di wilayah Donetsk, Ukraina timur. Sebanyak 70 pakar internasional bekerja menyisir sisa-sisa potongan tubuh korban jatuhnya pesawat Malaysia Airlines, Jumat (1/8). (Foto: AFP)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM - Para pakar internasional menemukan lagi potongan-potongan tubuh korban MH17 setelah memulai kembali bekerja di lokasi jatuhnya pesawat milik maskapai Malaysia Airlines itu pada Jumat (2/8), demikian dilaporkan Pemerintah Belanda.

"Tujuh puluh pakar dari Belanda dan Australia telah menyelesaikan pekerjaan di tempat jatuhnya MH17 hari ini," Kementerian Hukum Belanda menyatakan.

Usaha-usaha untuk menemukan sisa-sisa tubuh korban dari tempat jatuhnya pesawat Boeing 777 yang menempuh perjalanan Amsterdam – Kuala Lumpur itu sebelumnya terkendala pertempuran antara pasukan Ukraina dan kelompok-kelompok separatis pro-Rusia.

Lebih 200 peti jenazah telah dikirim ke Belanda, yang 193 warganya menjadi korban dalam peristiwa 17 Juli itu. Tetapi, banyak potongan dari total 298 penumpang dan awak pesawat yang meninggal masih belum ditemukan di tengah-tengah berkecamuknya perang itu.

"Kami gembira karena potongan-potongan tubuh ini sekarang dapat dikirim ke Belanda," kata Pieter-Jaap Aalbersberg, perwira polisi Belanda, yang dikirim ke Ukraina untuk memimpin misi. "Kami berharap upaya ini dapat mengobati para keluarga korban. Inilah suatu hal yang telah kami kerjakan sekarang."

Misi yang mengemban tugas menemukan kembali potongan tubuh korban itu akan mendirikan pangkalan baru di Soledar, sebelah barat daya tempat jatuhnya pesawat, menurut pernyataan itu.

Kota Kharkiv akan tetap menjadi pangkalan logistik bagi misi tersebut. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home