Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 14:50 WIB | Kamis, 15 Mei 2014

Potret Malala Yousafzai Terjual Rp 1,17 Miliar

Seorang wanita melihat lukisan Malala Yousafzai karya Jonathan Yeo, yang akan dilelang. (Foto: AFP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Sebuah lukisan potret Malala Yousafzai, gadis Pakistan yang ditembak di kepala oleh Taliban, laku terjual dengan harga 102.500 dolar AS (sekitar Rp 1,17 miliar) di pelelangan New York, Rabu (14/5). Hasil pelelangan tersebut akan disalurkan untuk pendidikan perempuan di Nigeria.

Uangnya akan didonasikan dari Malala Fund ke sebuah yayasan khusus yang dirancang untuk membantu LSM setempat dalam mendidik anak perempuan dan wanita di Nigeria, saat lebih dari 200 siswi sekolah menghilang setelah diculik di bawah todongan senjata bulan lalu oleh ekstremis.

Balai lelang Christie's memperkirakan potret remaja berkerudung itu – dibuat pada 2013 oleh seniman terkemuka Inggris Jonathan Yeo – akan laku 60.000-80.000 dolar AS (sekitar Rp 686,7 - 915,6 juta).

Jonathan Yeo melukis Malala tak lama setelah Malala mulai sekolah di Birmingham Inggris, di mana dia sekarang tinggal.

Namun setelah beberapa penawaran potretnya langsung laku dalam beberapa menit dengan harga paling tinggi.

Malala, kini berusia 16 tahun, ditembak oleh anggota Taliban pada 2012, karena pandangan lantangnya mengenai pendidikan untuk anak perempuan di kampung halamannya di Pakistan barat laut. Setelah menjalani perawatam medis ekstensif, dia sekarang tinggal di Inggris.

Ia telah menjadi aktivis untuk pendidikan perempuan dan bergabung dalam kampanye #BringBackOurGirls menyerukan supaya Boko Haram melepaskan siswi yang diculik. (AFP)

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home